Amazing Bumiaji Malang, Spot Cantik Berburu Foto

Malang Masih Menjadi Spot Hunting Pilihan 

Kota batu memang dikenal dengan istilah surganya spot terbaik untuk berburu foto. Lingkungan yang masih segar dengan berbagai tanaman yang dapat tumbuh disana. Pepohonan yang masih banyak ditemui karena pengelolaan yang sangat baik. Tidak heran jika pemerintah daerah pernah menganugerahi Kota Batu sebagai kota produktif. Walikota Batu “Eddy Rumpoko” menghimbau kepada penduduk setempat untuk terus memanfaatkan lahan yang dimiliki menjadi lahan yang berfungsi dan menghasilkan, sangat jarang anda temui disana lahan yang tidak berfungsi. Hampir di setiap daerah pasti mempunyai ciri khas masing – masing.

Bumiaji menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak keindahan. Baik itu sayur – sayuran, buah – buahan, maupun wana wisata. Tidak jarang, jika tempat ini sering dijadikan spot berfoto yang bagus. Fotografer sering memilih Bumiaji sebagai tempat pre wedding session. Dengan mengambil tema penghijauan, karena banyaknya jenis tanaman yang tumbuh disana. Humant interest juga bisa dilakukan bagi kalian yang senang memotret aktivitas seseorang. Para petani sayur setiap harinya di sibukkan dengan kegiatan pertaniannya. Entah itu pagi hari maupun malam hari. Yang senang dengan foto Landscape, Bumiaji merupakan tempat yang sesuai untuk di coba. Wilayah pertaniah yang sangat luas di tambah dengan sayur – sayuran segar bisa mempercantik hasil foto kalian. Pemandangan pegunungan akan kalian jumpai di sana jika kondisi cuaca bagus saat itu. Di pagi hari, Bumiaji memiliki nuansa yang begitu segar. Untuk menikmati sunrise bisa kalian untuk datang kesini. Tidak ada biaya yang perlu di keluarkan jika kalian hanya mampir untuk istirahat sejenak atau sekadar hunting foto. Terkecuali jika kalian masuk di spot wisata petik apel, penduduk setempat memberikan harga untuk masuk ke lokasi. Kalian bisa melihat keindahan Kota Batu yang lain dari tempat ini, karena letak lokasi yang berada lebih tinggi dari wilayah lain.

Ray Of Light

Kabut pekat di pagi hari yang menjadikan tempat ini layak menjadi opsi kalian untuk hunting foto. Ini bisa kalian jumpai sekitar jam 6 hingga 8 pagi hari. Selimut kabut yang perlahan hilang akibat terpaan sinar matahari menjadi hal yang unik di pagi hari. Kalian akan merasa ingin untuk mengulangi berada di tempat ini. Jika ingin melihat aktivitas penduduk, bisa kalian jumpai di daerah pesawahan Bumiaji. Sayur – sayuran yang segar di kelola dengan sangat baik oleh para petani sekitar.

Selain menikmati sunrise, Bumiaji juga mempunyai hutan pinus yang masih terjaga kondisi alamnya. Disana merupakan tempat yang bagus jika kalian ingin menemukan Ray Of Light Photography. Sinar matahari yang masuk ke celah – celah pepohonan pinus membuat foto kalian nampak lebih indah. Jika cuaca pada saat itu bagus, akan nampak pemandangan Gunung Banyak di wilayah Bumiaji. Terbayang bukan, jika Gunung Banyak bisa dijadikan sebagai fourground foto.



Bagi yang memilki passion Human Interest, bisa kalian coba di pesawahan penduduk. Kegiatan bercocok tanam, maupun merawat sayur – sayuran sangat mudah kalian temui disana. Selain itu, kalian juga bisa untuk membeli sayuran secara langsung disana. Ada beberapa petani yang menerima jual beli sayuran disana. Kalian akan diizinkan untuk memilih sendiri tanaman – tanaman yang bagus. Harga yang ditawarkan juga tidak begitu mahal, malah berbeda dengan harga yang ada di pasaran. Ini karena kalian langsung membeli dari petani di sana. Di malam hari, sangat tepat bagi yang ingin berburu foto rasi bintang (Milky Way). Dalam kondisi malam hari, Bumiaji mempunyai penerangan yang masih minim. Ini dikarenakan kebanyakan wilayah ini dipenuhi dengan area pesawahan. Lampu penerangan hanya berada di pemukiman penduduk. Baik di pagi hari maupun malam hari, kegiatan di pesawahan selalu ramai aktivitas masyarakat setempat. Jadi, jangan khawatir jika kalian pergi ke sana seorang diri.

Kota Batu sempat mendapat penghargaan sebagi kota yang sehat lingkungan. Penghargaan ini diterima tahun 2017 silam. Pemerintah setempat mengajukan ke tingkat Nasional terkait lingkungan yang ada di Kota Batu. Respon baik diberikan pemerintah setempat dan menganugerahi Kota Batu sebagai Kota lingkungan yang masih terjaga dengan baik. Untuk saat ini, Peemkot Batu terus mengembangkan sarana dan prasarana yang masih belum tersusun rapi. Penanaman pohon juga terus dilakukan di setiap bulannya, ini mengapa lingkungan sekitar masih memilki udara yang sangat segar.

 

Tarif Masuk Lokasi Wisata


Jika dirasa kurang puas dengan hunting foto disana. Ada tempat wisata petik apel yang baru dibuka untuk umum. Ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sekaligus sarana rekreasi keluarga. Biaya masuk yang dikenakan sekitar Rp 50.000, dengan harga demikian kalian bisa menikmati secara langsung buah apel disana sepuasnya. Jika ingin berkeliling dengan fasilitas mobil di sana, kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Biaya yang relativ murah untuk bisa menikmati fasilitas yang begitu banyak.

Mengingat banyak sekali potensi alam yang dimiliki Bumiaji. Penduduk setempat melakukan promosi lewat media sosial. Dimulai dari website, yang kini bisa kalian temui di instagram Bumiaji (@amazingbumiaji). Melalui promosi tersebut, jumlah pengunjung setiap harinya selalu ada. Entah itu hanya beristirahat dari perjalanan jauh ataupun datang kesana untuk hunting foto dan rekreasi. Dekat – dekat ini penduduk setempat mulai untuk mengembangkan wisata yang ada disana. Penduduk Bumiaji ingin mempunyai ciri khas dari wilayah itu sendiri. Hal ini tentunya juga mempunyai dampak baik bagi Pemerintah Kota Batu.



Untuk bisa pergi ke Bumiaji, dari Kota Batu bisa di tempuh dalam waktu 45 menit perjalanan. Kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun untuk bisa pergi ke pesawahan, alangkah baiknya untuk menggunakan kendaraan roda dua. Jangan lupa untuk membawa jaket ketika ingin berkunjung kesana. Di pagi hari, suhu cuaca Bumiaji bisa mencapai 14 derajat.Tidak semua tempat di Bumiaji mempunyai kondisi alam yang penuh dengan tanaman hijau. Ada beberapa wilayah yang hanya ditumbuhi dengan tanaman ilalang. Ini juga merupakan spot cantik untuk berburu foto. Banyak pengunjung yang menyempatkan untuk berfoto disana. Untuk saat ini, wilayah ini akan dikembangkan menjadi tempat wisata, yang sebelumnya hanya dijadikan sebagai lahan kosong. Karena tumbuhan ilalang yang sangat banyak, penduduk setempat berinisiaif untuk mengelola lahan itu menjadi tempat wisata.

Jadi, bagi kalian yang bingung ingin hunting foto ataupun sekadar rekreasi. Bumiaji bisa kalian jadikan tempat singgah selanjutnya. Biaya yang relatif murah, dengan luasnya wilayah yang ada membuat pengunjung merasa betah untuk berada disana. Beberapa komunitas fotografi maupun Pecinta Alam sering mengadakan kegiatan workshop disana. Sekaligus dilanjut praktik secara langsung di kemudian harinya. Bumiaji dibuka setiap hari tanpa ada hari libur. Karena tempat ini bukan tempat wisata yang murni, Bumiaji masih berstatus sebagai tempat pemukiman penduduk.



Scroll To Top