Berkarya Lewat Phone Photography

Fungsi Smartphone Tidak Hanya Untuk Selfie Saja  

Dunia foto saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap kalangan. Alat – alat fotografi yang sudah banyak ditemui, sangat mudah untuk mengabadikan momen terbaik. Tidak perlu menggunakan kamera digital. Hanya berbekal smartphone sekalipun kalian sudah bisa membuat dokumentasi penting. Beberapa smartphone sudah mempunyai fitur – fitur berkualitas yang setara dengan kamera digital.

Smartphone juga sangat ringan untuk dibawa, tidak seperti kamera digital yang terlalu merepotkan untuk dibawa kesana - kemari. Namun, kelengkapan fitur yang ada pada smatrhphone juga masih terbatas. Tidak heran mengenai itu, karena smartphone bukan sepenuhnya difungsikan untuk kegiatan foto. Jika seseorang mencari ringan dan ringkas untuk dibawa kesana – kemari, smartphone adalah media yang tepat. Setiap alat pasti mempunyai kekurangan masing – masing. untuk  kalian yang baru memulai Phone photography, faktor cuaca adalah yang sangat mempengaruhi hasil. Semakin indah cuaca pada saat itu, semakin baik pula hasil yang di dapat. Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan fitur manual kamera, dimana kalian bisa mengatur sendiri kesesuaian gambar.

Terdapat beberapa menu yang ada pada pengaturan manual kamera smartphone, ISO dan Diafragma adalah 2 fitur yang sering ada pada kamera smartphone. Untuk shutter speed masih jarang fasilitas yang ada pada smartphone. ISO dan Diafragma itu pun juga memiliki keterbatasan, tidak seperti kamera digital yang mempunyai angka lebih besar. Namun mengenai hasil bisa menjadi pesaing. Untuk menunjang hasil yang lebih baik, seorang phone photography menambahi aplikasi foto yang bisa kalian instal pada play store. Pro Camera contohnya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menentukan grid horizontal pada obyek foto. Ini mempermudah fotografer untuk menyesuaikan background, midgrond dan obyek yang akan di foto.

Editing  

Editing juga berperan penting untuk phone photography. Mempertajam hasil foto bisa dilakukan dengan aplikasi edit. Menyesuaikan kontras warna yang ada pada hasil foto. Karena kamera smartphone mempunyai keterbatasan masalah kondisi cuaca, sehingga untuk mempercantik hasil foto bisa di dilakukan di aplikasi edit foto.  Jika dilakukan dengan benar dan metode yang tepat, smarthpone dapat menciptakan hasil foto yang bagus pula. Phone photography mulai muncul di tahun 2015. Para pengguna instragram banyak menguggah karya foto melalui smarthpone dengan menggunakan hastag phone photography. Sehingga mengapa sekarang ini banyak produsen smartphone mulai membekali dengan kamera berkualitas tinggi.

Untuk menciptakan hasil yang bagus pada smartphone. Menjaga kebersihan lensa adalah hal yang wajib dilakuan. Hampir setiap hari smartphone selalu berada di genggaman tangan seseorang. Keberadaan smartphone yang selalu berpindah pindah dari tempat satu ke tempat yang lain inilah yang membuat kebersihan smartphone kurang. Sedikit saja ada kotoran yang menempel pada lensa akan mempengaruhi hasil gambar, ini juga berlaku untuk semua kamera. Kalian bisa menggunakan tisu ataupun pembersih lainnya. Bersihkan lensa kalian setiap kali ingin memotret.

Rule Of Third Juga Perlu Diperhatikan

Untuk kalian yang mempunyai smartphone dengan fitur “Rule Of Third”. Bisa kalian gunakan ketika ingin memotret. Fitur ini sangat mendukung fotografer untuk menentukan tata letak obyek foto yang tepat. Sehingga karya foto kalian akan memilki elemen – elemen pendukung yang bagus. Rule Of Third juga berfungsi untuk memotong seberapa pas frame yang ingin kalian ambil. Kesesuaian bagian sisi samping dan atas akan menemukan keserasian yang pas. Manfaatkan juga beberapa obyek yang ada pada lokasi hunting. Seorang fotografer phone photography sering menhasilkan refleksi pada hasil gambarnya. Genangan yang ada pada air ataupun kaca – kaca yang ada pada gedung bisa kalian jadikan sebagai refleksi. Efek refleksi inilah yang akan membuat kalian bisa menghasilkan foto seperti pada kamera digital pada umumnya.

Aturan lain yang perlu diperhatikan adalah masalah cahaya yang ada. cahaya adalah aspek penting pada setiap foto. Apalagi jika kalian menggunakan ponsel sebagai media pemotretan, cahaya adalah faktor penting yang menentukan hasil gambar kalian. Jika kondisi lingkungan memiliki pencahayaan yang kurang, kalian bisa membawa alat eksternal untuk membantu penerangan yang ada. Properti seperti filter belum begitu banyak ditemui untuk phone photography, jadi kalian harus kreatif sendiri memanfaatkan alat yang kalian miliki. Untuk kalian yang mulai tertarik dengan phone photograhy. Cobalah untuk tidak menggunakan zoom pada pemotretan. Efek zoom yang ada pada smartphone belum ada yang mempunyai hasil bagus. Gambar yang kalian foto malah semakin mempunyai ketajaman yang kurang. Efek blur pada setiap obyek akan sering kali terjadi.

Selain zoom, menggunakan flash pada ponsel juga akan membuat hasil kalian kurang bagus. Memang flash digunakan untuk situasi yang mempunyai pencahayaan kurang. Tapi, banyak kerusakan yang akan dihasilkan setelah menggunakan flash. Munculnya mata kucing pada seseorang, efek silau yang ada pada backgrund sering terjadi. Untuk itu cobalah hindari penggunaan flash. Flash bisa digunakan untuk kondisi yang memang benar – benar memiliki pencahayaan kurang.

Mode Penyimpanan  

Jika pada kamera digital, ada pilihan menu format penyimpanan. Mode RAW dan JPG adalah kedua pilihan menu yang sering dimilki kamera digital. Untuk kamera ponsel, kenali setiap menu yang ada. mode manual kamera, mode time lapse, dan beberapa menu lainnya. gunakan menu pilihan tersebut untuk menangkap gambar yang sesuai. Kalian juga harus mengenali kekurangan setiap ponsel yang kalian miliki. Dengan begitu akan lebih memudahkan kalian untuk mencari lokasi yang tepat. Berkreasi lebih dalam setelah mendapatkan hasil foto. Aplikasi pendukung lainnya seperti editing. Snapseed dan Ligthroom sudah bisa dipasang di ponsel kalian. Ini bertujuan untuk mempercantik hasil foto kalian. Fotografer menggunakan aplikasi tersebut untuk mempertajam foto, menambah efek dramatis, dan lain sebagainya. Ada banyak aplikasi editing lainnya yang bisa kalin coba. Pilih sesuai kebutuhan yang kalian inginkan.

Supaya hasil foto kalian mempunyai titik fokus yang jelas. Jangan lupa, untuk menentukan dimana kalian ingin fokuskan obyek tersebut. Hindari getaran tangan ketika hendak memotret. Sekarang ini sudah tersedia tripod yang di fungsikan untuk kamera ponsel. Bisa kalian menggunakan tripod smartphone untuk menghindari efek getaran. Getaran yang sering terjadi, juga akan mempengaruhi ketajaman pada gambar.

Yang lebih baik adalah mengenali lebih jauh tentang kekurangan dan kelebihan ponsel kalian. Berikan solusi yang harus dilakukan setelah mengerti kekurangan yang ada pada smarphone kalian. Tidak perlu malu dengan perlatan sederhana yang kalian miliki. Berkarya tidak harus menggunakan peralatan yang bagus. Yang terpenting adalah hasil yang sudah kalian buat. Sering – seringlah untuk melihat hasil karya orang lain tentang phone photography. Ini akan membuat wawasan kalian lebih luas. Setelah mengenali karya orang lain, langkah selanjutnya adalah untuk menciptakan hasil yang berbeda. Yakinlah untuk bisa menghasilkan gambar lebih baik daripada orang lain. Bisa kalian lakukan dengan menambahkan obyek lainnya, ataupun lokasi foto yang berbeda.




Scroll To Top