Punya Banyak Stok Foto? Coba Tawarkan Di Website Berikut Ini


Jual Saja Foto Lama Kalian  

Pernah terbayang tidak kalian untuk mendpatkan penghasilan dari selembar foto? Sangat mungkin terjadi, karena beberapa perusahaan sekarang ini membutuhkan sebuah foto untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalani. Mereka bahkan bersedia membeli foto kalian jika memilki kriteria yang sedang di cari.

    1.    Shutterstock 
Media foto seperti Shutterstock adalah contoh media yang menampung hobi seorang fotografi . Shutterstock di dirikan tahun 2003 yang dimiliki oleh perusahaan Amerika Serikat, tepatnya New York City. Jenis karya seperti design juga bisa kalian tawarkan di media - media penjual karya.

Aturan pertama adalah kalian dapat mendaftarkan diri sebagai kontributor. Unggah file yang ingin kalian tawarkan. Customer service mereka akan menyeleksi terlebih dahulu selama 3 hari kerja. Kualitaas gambar adalah point nomor satu untuk bisa menarik perhatian dari media penjual jasa foto.

Royalti yang diberikan berupa dolar, mulai 0,25 $ - 0,38. Angka tersebut bisa bertambah jika semakin banyaknya orang lain yang mengunduh file kalian. Satu foto yang kalian upload di Shuterstock dihargai sebesar 0,25$. Terserah kalian ingin mengunggah berapa foto yang ingin kalian jual. Untuk mudah di terima, sebaiknya kalian mempunyai kualitas gambar yang bagus dengan resolusi yang tinggi. Peluang di terima sebagai kontributor akan semakin besar.

Media Seperti Shutterstock merupakan media yang paling umum digunakan fotografer. Sebelum kalian memutuskan untuk menjual foto kalian di website ini, alangkah baiknya untuk bisa menjelaskan apa maksud dari foto kalian. Foto kalian nantinya akan dibeli oleh orang lain. Tetapkan dimana kalian mengambil gambar yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk apa kalian mengambil foto tersebut. Juga jelaskan fungsi dari gambar yang kalian unggah.

Jangan perhatikan dahulu tentang komposisi pada foto. Setiap elemen yang ada gambar lebih penting daripada komposisi yang pas. Baru setelah kalian bisa untuk menjelaskan maksud dan untuk siapa tepatnya foto kalian diberikan. Komposisi bisa menjadi pendukung keindahan foto.

Seorang fotografer kebanyakan lebih mengutaman komposisi. Memang benar, jika foto tersebut digunakan untuk kegaitan pameran foto. Namun jika sudah masuk di ranah yang berbeda, kalian harus menyesuaikan apa yang sedang dibutuhkan oleh orang lain. Mereka membeli foto bukan hanya untuk dinikmati, melainkan untuk kegiatan bisnis ataupun keperluan lainnya.

2.    Istockphoto

Sama halnya dengan Shutterstock. Website ini juga menerima seseorang yang ingin menjual karyanya. Isotock hanya menerima karya yang berbentuk foto, bukan yang lain. Kendalanya adalah bahwa harus jenis foto yang kalian jual di media satu ini.

Website ini memang di khususkan bagi pecinta fotografi. Sangat mudah bagi kalian yang mempunyai kualitas foto yang indah. Syarat yang diberikan  berbeda dengan Shutterstock. Untuk langkah awal  kalian harus menjadi kontributor terlebih dahulu. Setelah itu kalian harus mengirim minimum 3 foto terbaik yang kalian miliki. Berikan penjelasan secara detil karya foto tersebut, berikan keyword sebagai pemancing daya tarik pelanggan, ini memungkinkan untuk bisa diterima menjadi kontributor Istockphoto.

Jumlah royalti yang diberikan juga terbilang cukup besar yaitu sebesar 0,35 $ setiap unduhan. Kalian juga akan diberikan potongan 10% apabila ingin membeli karya foto orang lain. Istockphoto juga menyediakan jasa sebagai kontributor exclusif. Harga yang diberikan akan berbeda dengan kontributor yang lain. Namun syarat yang diberikan juga semakin berat. Serta kalian diharuskan mengunggah foto setiap minggunya.
Untuk kontributor exclusif dihargai sebesar 25 - 45% dari setiap karya. Sedangkan kontributor biasa diberikan sebesar 15- 20%.

3.    Dreamstime


Media lain yang menerima penjualan karya foto adalah Dreamstime. Orang - orang yang bergabung pada media ini sudah mempunyai pengalaman yang sangat bagus dalam fotografi. Jika kalian seseorang desainer hebat dengan karya kualitas tinggi.

Bukan hanya soal foto yang bisa kalian unggah dalam Dreamstime. Melainkan karya - karya berupa pamflet ataupun logo juga bisa untuk di tawarkan di media ini. Media ini hanya menerima konten yang memiliki resolusi kualitas tinggi (HD). Selain itu sangat kecil kemungkinan untuk bisa bergabung menjadi kontributornya.

Ada tingkatan yang diberikan Dreamstime ketika kalian sudah terdaftar sebagai kontributor. Jika setiap gambar yang kalian unggah di download oleh 25 orang, kalian akan berada pada tingkatan 1, dan seterusnya. Berikan kata kunci yang dapat menarik perhatian konsumen website. Selain itu, pemberian keterangan yang jelas juga akan mempermudah foto kalian bisa menjadi daya tarik. Berikan kata kunci yang sesuai dengan karya foto kalian. Jangan sampai, memberikan keyword yang berbeda dengan gambar yang kalian pasang. Hal ini hanya akan membuat rating kalian menjadi biasa – biasa saja.

Bagi kalian yang mempunyai hobi fotografi, dreamstime sering kali membuka kompetisi foto setiap akhir periode. Hadiah yang diberikan sebesar 100 – 300 $. Ini merupakan wadah yang sangat tepat bagi seorang fotografer, kalian akan semakin bersemangat untuk bisa bersaing dan menghasilkan karya foto yang lebih memukau.

Tidak hanya website diatas yang menerima penjualan karya seorang fotografer. Contoh media diatas adalah media yang sering digunakan oleh fotografer. Alasan utama adalah karena jumlah royalti yang diberikan sangat menggiurkan.

Untuk pembayaran, setiap agen selalu mempunyai sistem pembayaran yang berbeda – beda. Secara umum, mereka menggunakan sistem pembayaran seperti transfer antar bank. Namun, bagi kalian yang tidak mempunyai akun bank, pembayaran bisa dilakukan melalui akun pay pal. Syarat umum yang ditetapkan untuk semua media diatas adalah kalian harus menyimpan terlebih dahulu pendapatan yang sudah diterima sebesar 100$. Mereka juga tidak memberikan batasan di awal, tengah, ataupun akhir bulan. Yang pasti, jika pendapatan kalian sudah terkumpul sebesar 100$, royalti baru bisa diberikan.

Sangat menarik bukan. Sungguh menyenangkan jika kegiatan yang kalian gemari akan dibayar oleh seseorang. Banyak media yang menerima segala macam jenis karya. Tapi kalian harus pandai – pandai memilih website yang benar – benar memiliki marketplace besar. Jangan pernah tertipu dengan rayuan hadiah di website yang belum terkenal. Dampak besarnya adalah, ketika karya kalian sudah menjadi hak milik mereka, kalian tidak bisa berbuat apapun. Terlebih jika karya kalian sudah diberikan watermark oleh perusahaan mereka.

Ke empat website di atas sangat mudah menolak setiap karya yang tidak sesuai dengan kriteria mereka masing – masing. Berikan karya terbaik kalian, jika perlu proses terlebih dahulu untuk di edit supaya lebih menarik. Sungguh menyenangkan kalau hobi bisa memberikan penghasilan. Melakukan suatu aktivitas tidak akan pernah mengeluh karena tuntutan. Kalian juga akan semakin giat untuk melakukan inovasi – inovasi yang lebih baik.


Scroll To Top