Tingkah Laku Konyol Seorang Fotografer


Siapa Bilang Fotografer Selalu Kaku

Untuk mendapatkan sebuah karya foto yang indah, pasti dibutuhkan sebuah perjuangan. Entah itu medan yang sulit, spot hunting yang angker, dan lain sebagainya. Demi sebuah foto, kamera yang di bawa juga pernah menjadi tumbal kerusakan, hingga mengalami luka untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Dibalik itu semua, ada kebiasaan – kebisaan lucu yang sering fotografer tidak sadar
    1.    Tahan Napas
Kebiasaan ini biasa dilakukan fotografer ketika berada pada tempat yang minimalis. Ruangan yang hanya mampu dicapai menggunakan tripod. Situasi seperti ini biasa terjadi ketika kalian berada di atas pegunungan untuk mendapatkan view pemandangan di bawahnya. Kebiasaan ini bukan sengaja dilakukan, disadari atau tidak mereka sering menahan napas agar lebih berkonsentrasi terhadap obyek yang akan di potret.

Selain menahan napas, fotografer juga kerap kali menghembuskan napasnya untuk membersihkan kotoran yang ada pada lensa kamera. Padahal sudah ada kain yang dibawa sebagai pembersih. Setelah itu mereka usap dengan baju, jika masih terlihat kotor baru mereka gunakan kain yang mereka bawa. Tidak masalah asalkan terbayar dengan karya foto yang di dapat.

2.    Tidak Sabar Melihat Hasil
Hunting foto baru saja selesai dilakukan. Rasa penasaran yang mendalam selalu di nanti oleh seorang fotografer. Ingin segera melihat hasil yang mereka peroleh. Biasanya dilakukan ketika waktu istirahat, entah itu ketika sedang makan maupun minum kopi bersama rekannya. Untungnya ada beberapa kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur port wifi, jadi dengan mudah mereka dapat mentransfer foto ke ponsel.

Kebiasaan ini sering dilakukan karena ingin segera untuk pamer karya terhadap sesama fotografer. Juga ada yang ingin segera di unggah di sosial media mereka. Untuk hasil yang paling bagus tidak akan mereka unggah di sosial media secara langsung. Masih perlu masuk editing untuk mempercantik tampilan. Entah mengapa kebiasaan ini sering dilakukan, mungkin ingin karya mereka segera di puji oleh seseorang.

3.    Edit Foto Yang Terlalu Dramatis
Mengedit sebuah foto tidak masalah dilakukan oleh seorang fotografer. Tapi alangkah baiknya jika foto yang di edit tersebut tidak berlebihan. Seorang fotografer pemula sering melakukan editing yang berlebihan. Ingin foto mereka terlihat sangat bagus, namun proses editing yang mereka lakukan sangatlah tidak wajar. Editing ini biasa dilakukan ketika bermain kontras dan white balance.

Menaikkan kontras maksimal, serta mengatur white balance yang tidak seimbang. Justru hasil editing ini akan semakin memperburuk hasil foto. Hasilnya akan terlihat lebih baik sebelum di edit. Jika kalian merasa sering melakukan ini, berhentilah untuk mengedit foto yang berlebihan. Editing perlu dilakukan jika ingin menambah efek. Amati terlebih dahulu, apakah hasil yang kalian edit sesuai dengan kondisi yang kalian ambil gambarnya.

4.    Mengatur Model Seenaknya Sendiri
Seorang model memang harus mengikuti semua perintah yang dikatakan fotografer. Ini untuk mendapatkan hasil yang bagus. Tapi tidak wajar jika seorang model harus menggunakan aksesoris tambahan yang jarang mereka lakukan. Anehnya, Model tersebut juga tidak protes sama sekali kepada fotografernya, malah terus mengikuti apa yang disampaikan.

Jika ingin memotret seorang model, cukup kalian berikan aksesoris tambahan yang sering biasa mereka bawa. Atau hanya mengajak Model untuk berkomunikasi terus menerus. Menambahi aksesoris yang tidak wajar hanya akan menjatuhkan harga diri seorang model. Jadi stop jika kalian melakukan kebiasaan ini.

5.    Bahagia Berlebihan Ketika Mendapatkan Foto Yang Bagus
Hampir setiap fotografer melakukan kebiasaan ini. Berteriak – teriak tidak jelas ketika mendapatkan gambar yang memukau. Lari kesana kemari, dan bahkan ada yang mencelaki rekannya karena bangga sudah mendapatkan foto yang bagus. Ingatlah lagi, kalian seorang fotografer. Harga diri seorang fotografer sangat mahal. Untuk apa berbuat yang tidak sewajarnya.

Orang lain justru beranggapan bahwa fotografer bukanlah profesi yang baik jika harus berkelakuan seperti itu. Memang, butuh perjuangan untuk mendapatkan momen terbaik tersebut. Tapi, tetaplah menjaga sikap dan sopan santun di muka umum.

6.    Salah Tingkah Ketika Mencari Angle Yang Pas
Angle merupakan point yang penting terhadap hasil foto. Mencari sudut terbaik dan mencari yang berbeda dengan karya – karya yang sudah pernah ada. Ada yang pernah melakukan dengan telungkup, menunduk seperti orang perang, dan lain sebagainya. Sangat lucu ketika melihat fotografer seperti ini.

Tidak masalah jika ini dilakukan, asalkan mengerti dimana kalian harus melakukan. Jika sedang berada di keramaian, cukuplah untuk melakukan dengan sikap yang biasa. Momen tidak hanya berada di satu tempat, bisa kalian mencari di situasi yang berbeda.

7.    Terlalu Kreatif 
Membuat konsep foto memang sangat penting untuk dilakukan. Fotografer melakukannya ketika sebelum memotret. Untuk memberikan hasil yang berbeda, seorang fotografer biasanya memberi tambahan properti pada objek foto. Seperti membuat hujan buatan dengan menumpahkan air ke payung, atau memberi lampu tumblr pada seorang model agar mendapatkan efek bokeh, membuat refleksi buatan dengan memanfaatkan genangan air hujan.

Ini mengapa seorang fotografer dikatakan kreatif. Mereka mampu menggunakan peralatan buatan yang ada di sekitarnya. Ataupun memanfaatkan kondisi lingkungan pada saat itu. Tidak masalah jika ini terus dilakukan. Orang lain akan semakin terkesan pada kalian jika mampu menciptakan gambar dengan proses yang unik.

8.    Merusak Lingkungan 


Medan yang cukup sulit sering dialami oleh seorang fotografer. Namun, tidak pantas jika harus memaksa untuk bisa sampai di sana. Bahkan hingga merusak ekosistem yang ada. ada beberapa fotografer yang sering melakukan kebiasaan ini untuk bisa mencapai spot yang ingin mereka kunjungi.

Jika memang tidak diperbolehkan untuk masuk ke lokasi, berhentilah untuk memaksa bisa masuk kesana. Taati semua perataturan yang sudah ditetapkan. Lokasi bagus tidak hanya berada di tempat tertentu. Kalian bisa mencari lokasi – lokasi lain untuk memotret. Kalau belum menemukan, bisa kalian lakukan di lingkungan sekitar kalian. Berhenti melakukan kebisaan buruk ini, jika harus merusak ekosistem terlebih dahulu untuk mendapatkan foto yang bagus. Bukannya disanjung malah kalian akan mendapatkan sindirian dari orang lain.

Kebiasaan – kebiasaan tersebut hampir kebanyakan dilakukan oleh seorang fotografer. Memang kalian mampu untuk menciptakan foto yang bagus. Tapi jika tingkah laku yang tidak pantas sering kalian lakukan, kalian juga akan merasa dinilai aneh oleh orang lain. Semakin tinggi ilmu yang dimiliki seseorang, semakin bertambah pula wibawa yang dimilikinya. Jika kalian masih belajar menjadi seorang fotografer, berkaca pada seseorang yang sudah lebih lama menerjuni dunia foto baik untuk dilakukan.

Yang terpenting, tidak perlu melakukan kegiatan yang memaksa dan berlebihan jika demi selembar foto. Mengabadikan sebuah momen memang penting untuk dilakukan. Tapi lihat sisi baik dan buruknya sebelum memutuskan untuk mengabadikan momen tersebut. Mempelajari ilmu fotografi tidaklah mudah untuk dilakukan. Jadi, jangan menambah beban untuk bisa mempelajarinya.


Scroll To Top