Mengenal Lebih Jauh Tentang Minimalis Fotografi


Foto Sederhana Namun Sangat Berkesan  

Pernah melihat suatu foto yang terlihat sangat sederhana? Hanya terdapat beberapa obyek yang berada di dalam foto tersebut. Bisa jadi, foto tersebut dikatakan sebagai foto minimalis. Foto minimalis tidak hanya foto sederhana yang berisikan sedikit obyek. Namun, foto minimalis memiliki aturan – aturan sendiri. Elemen – elemen foto seperti warna, garis, tekstur, bisa dijadikan sebagai komposisi pada foto minimalis. Jika kalian mampu menggabungkan sedikit elemen tersebut menjadi satu konsep yang bagus, foto kalian akan terlihat mempunyai arti bagi yang menikmatinya.

Ada beberapa tipe tentang fotografi minimalis,
1.    Less elesment
Subyek singular dapat menjadi pusat perhatian dalam sebuah foto.  Kalian boleh saja memasukkan subyek – subyek yang lain, namun untuk memsukkan subyek tersebut tidak akan menjadi pengalih dari subyek utama kalian.

2.    Permainan warna
Manfaatkan saja jenis warna yang ada pada lokasi hunting. Terlebih jika warna tersebut tegabung dengan elemen seperti garis dan pola.

3.    Small object
Subyek yang ada foto minimalis sangat berbeda dengan subyek yang lain. Pada umumnya, fotografer menggunakan subyek yang berukuran relative lebih kecil dari ukuran frame foto.

4.    Geometri sederhana
Geometri disini adalah bentuk pola semacam bidang garis, kurva ataupun bidang yang lain. Kalian bisa juga dengan menambah efek bayangan pada foto

5.    Part of the whole
Konsep yang terdapat pada foto minimalis sebagian besar hanya mengambil beberapa obyek dari jumlah semuanya. Tidak lain, untuk membuat penikmat foto memikirkan obyek apa lagi yang terdapat di lokasi pemotretan.

6.    Bentuk yang berulang
Gambar terdiri dari pengulangan bentuk yang simetris

7.    Low detail
Cobalah untuk memotret satu obyek saja yang sangat menjadi daya tarik, bukan semua obyek yang ada. Agar semua orang bisa mengerti maksud dari foto yang kalian ambil. Mereka nantinya akan paham betul tentang obyek asli yang ada pada lokasi pemotretan kalian.

Fotografi minimalis sebenarnya adalah konsep universal yang bisa kalian buat semau kalian sendiri. Konsep yang umum digunakan oleh fotografer minimalis adalah mengabaikan obyek – obyek yang kurang menarik untuk di foto. Maksudnya agar penikmat foto bisa mengerti arti yang terkandung dalam foto kalian. Ruang kosong pada satu frame jelas sangat terlihat mencolok, ini merupakan tindakan kesengajaan dari seorang fotografer. Artinya hanya menggunakan sedikit detail demi memberikan perhatian yang besar pada subyek foto.

Minimalis fotografi selalu di seimbangi dengan editing. Dengan adanya proses editing, foto akan mempunyai efek noise yang semakin sedikit sekaligus ingin menambah keindahan dalam foto.
Pengaturan – pengaturan yang perlu kalian perhatikan ketika akan mengedit foto,
1.    Minimal on white
Yaitu menggunakan warna putih sebagai negative space

2.    Minimal on black
Yaitu menggunakan warna hitam sebagai negative space

3.    Black and White minimal
Pilih warna pada foto dengan 2 warna saja, yaitu hitam dan putih

4.    Candy minimal
Mengibaratkan sebuah foto dengan konsep warna – warna seperti layaknya sebuah permen.

Kalian bisa menjadikan satu konsep foto minimalis ke genre foto yang lain. Berikut adalah macam – macam genre yang bisa kalian jadikan satu konsep dengan foto minimalis, diantaranya :
a.    Minimal landscape
b.    Minimal people
c.    Minimal building
d.   Minimal façade (muka bangunan)

Tidak perlu bingung dalam memahami konsep yang ingin kalian potret. Cukup perhatikan dengan jeli apa yang sangat menarik dari lingkungan sekitar. Kalian cukup mengambil satu jenis saja yang akan di potret. Ingatlah lagi tentang kesederhanaan dari foto minimalis.

Tidak sembarangan obyek yang bisa kalian sebagai elemen tambahan. Obyek yang kalian pilih harus menjadi obyek yang menarik (Point of Interest). Tidak perlu kalian memperhatikan ruang kosong yang sangat banyak disekelilingnya. Latar belakang adalah point kedua setelah terpilihnya obyek foto.
Kalian boleh membayangkan sedikit mengenai subyek apa yang sesuai dengan background foto. Bayangkan saja semisal kalian akan memotret hewan yang berada di atas. Jangan pernah lupa dengan teknik Rule of Third pada fotografi. Ini tidak hanya berlaku untuk genre minimalis. Aturan baku yang terdapat pada fotografi adalah penggunaan konsep Rule of Third. Yaitu penempatan obyek foto pada aturan sepertiga pada satu frame. Mengingat hanya ada satu obyek foto, jadi kalian bebas untuk menempatkan dimana obyek itu berada. Entah itu berada di pojok kiri, kanan, ataupun di tengah. Tergantung pada selera kalian masing – masing.

Obyek adalah point penting pada fotografi minimalis. Subyek foto yang sekilas tidak berarti bisa saja dijadikan sebagai subyek foto.Setelah terpilihnya obyek, bisa kalian tambahi lagi dengan elemen – elemen foto, seperti garis atau warna misalnya. Karena itu, seorang fotografer harus bisa mengambil sisi pengambilan yang menarik untuk dilihat orang lain.

Perhatikan dengan seksama lingkungan sekitar kalian. Lihatlah dengan seksama kondisi pada lokasi pemotretan, tentu tidak hanya spot yang berisikan elemen – elemen biasa saja. Pasti terdapat sesuatu yang menarik disana. Jika kalian ingin memotret arsitektur. Bentuk dari bangunan arsitektur bisa menjadi daya tarik penikmat foto.

Selanjutnya adalah mengenai editing foto minimalis. Proses editing pada foto minimalis tentunya juga sederhana, sangat berbeda dengan mengedit karya foto yang lain. Foto minimalis mempunyai kesan sederhana namun dramatis. Sesuatu yang menjadi fokus kalian hanyalah subyek foto. Manfaatkan saja elemen – elemen lain yang ada pada lingkungan sekitar, buatlah semenarik mungkin foto sederhana tersebut.

Beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk memotret foto minimalis, adalah
1.    Memahami minimalis
Elemen fotografi sangat banyak, contohnya adalah elemen garis, bentuk, maupun tekstur. Untuk fotografer pemula, akan sulit untuk memahami apa yang dimaksud dengan abstrak. Kalian perlu berlatih sesering mungkin untuk bisa memahaminya.

2.    Tetap sederhana
Menjadikan hal yang sederhana adalah tugas yang harus kalian lakukan Sederhana bukan berarti subyek foto akan terlihat membosankan, maka yang paling penting adalah mencari subyek yang menarik untuk dilihat. Jika lingkungan yang kalian temui sangat ramai dengan obyek – obyek foto. Tugas kalian adalah membuat sesederhana mungkin dari keramaian yang ada. Manfaatnya adalah jika pada suatu saat kalian kebingungan dalam menentukan konsep foto.

3.    Menceritakan karya minimalis
Elemen – elemen yang sering digunakan pada foto minimalis adalah tentang bentuk dan tekstur. Foto kalian akan semakin berkesan jika kalian mampu menceritakan apa maksud dari gambar yang kalian ambil. Ini mungkin kalian perlu menambah elemen – elemen yang lain. Gerakan atau aktivitas dari seseorang. Setelah itu, kalian simpulkan dalam bentuk satu cerita pendek.

4.    Kreatif
Kalian sudah banyak mengenai foto minimalis. Lakukan kegiatan sekreatif mungkin yang bisa kalian lakukan. Sering – seringlah untuk melakukan pemotretan. Dengan begitu, inovasi ini akan muncul pada diri kalian. 

Scroll To Top