Pentingnya Data Exif Pada Foto


Pentingnya Sebuah Exif Foto  

Kemajuan teknologi saat ini telah memberikan kemudahan dalam segala bidang, salah satunya yaitu fotografi. Fotografi pada masa sekarang sangat mudah untuk dilakukan, ini karena mudah ditemuinya alat – alat fotografi. Kamera digital menjadi produk unggulan untuk bidang fotografi. Kelebihan yang terdapat pada kamera digital saat ini adalah adanya fitur data exif pada kamera.

Data exif adalah keterangan tertulis pada kamera dalam setiap gambar yang sudah diambil. Keterangan itu mulai dari, waktu pengambilan gambar, pengaturan yang dipilih saat memotret, dan juga komposisi – komposisi lainnya. Lantas seberapa penting data exif tersebut untuk dipelajari? Mari kita pelajari bersama.

Exif adalah metadata pada kamera yang sudah merekam semua pengaturan pada gambar. Metadata ini berupa informasi yang diberikan sesaat setelah pengambilan gambar dilakukan. Tidak hanya pada kamera digital saja, melainkan kamera smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur exif data. Ini karena canggihnya dunia teknologi saat ini. Sebelum melakukan pemotretan, kalian akan mengatur pengaturan kamera sesuai dengan keinginan. Berapa ISO yang kalian gunakan, kecepatan rana, diafragma lensa, serta tempat dimana kalian mengambil gambar.

Exif data pada kamera berisikan informasi seperti itu. Semakin kalian mengatur kamera lebih dalam, semakin banyak pula metadata yang akan ditampilkan. Namun, beberapa kamera ada yang belum bisa merekam semua data yang sudah digunakan. Ada beberapa informasi yang hilang pada exif data. Ini karena sesuai dengan kualitas pada kamera itu sendiri.

Jika kalian mengalami masalah seperti itu. Tidak perlu bingung, sekarang ini beberapa software editing mempunyai fitur untuk membaca data exif pada kamera. Bagusnya dari software ini, mereka bisa mengetahui lebih jauh tentang metadata yang kalian gunakan. Berikut website yang bagus untuk melakukan uji data pada gambar,
1.    Adobe Bridge
Adobe bridge merupakan software yang hampir sama dengan adobe photoshop. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk kegiatan editing. Tidak hanya editing, kalian bisa menggunakan mode exif data untuk bisa melihat informasi apa saja yang ada pada gambar kalian. Aplikasi ini sangat bagus bagi kalian yang menyukai fotografi.

2.    Adobe Lightroom
Jika kalian ingin memberikan foto yang lebih berwarna, adobe lightroom adalah aplikasi yang harus kalian pilih. Lightroom berbeda dengan photoshop, aplikasi ini lebih mengutamakan permainan warna saja, tidak dapat digunakan selain itu. Ligthroom juga aplikasi yang mudah untuk memberikan data – data pada gambar.

3.    Windows 7
Exif data sudah mulai muncul ketika teknologi mulai berkembang. Cara membukanya sangat mudah. Klik kanan pada gambar, setelah itu pilih properties. Terakhir pilih details untuk melihat secara keseluruhan data yang ada.

4.    Mac OS X
Mac OS sangat bisa jika hanya ingin mengetahui exif data. Kalian bisa melakukannya dengan menekan tombol Cmd + I, “Dapatkan Info” . Setelah itu kalian akan mendapatkan informasi lengkap pada tab dibawah, “informasi lebih lanjut”

Keempat aplikasi itulah yang sering digunakan oleh fotografer terkait exif data. Terserah aplikasi mana yang kalian pilih. Semuanya tergantung dengan kebutuhan masing – masing. Menariknya lagi dari data exif adalah, ketika kalian pernah mengungah foto kalian di website. Lantas kalian ingin untuk download lagi gambar tersebut. Data exif itu masih ada secara lengkap, tidak ada satupun yang hilang.

Website foto seperti Flickr atau situs foto pro 500 adalah contoh website yang masih menyimpan data exif dengan sempurna. Fungsi dari exif selain memberikan informasi, kalian juga akan mengerti bagaimana seorang fotografer dalam mendapatkan gambar tersebut. Nantinya, kalian mempunyai pandangan lebih luas tentang bagaimana harus mendapatkan gambar yang berkualitas.

Untuk bisa membaca data exif tentunya harus sedikit mengerti tentang fotografi. Karena apa yang dicantumkan pada metadata semuanya berhubungan dengan kegiatan fotografi. Jika kalian belum paham tentang fotografi, akan sulit untuk membaca data exif tersebut. Melalui data exif ini, kalian bisa menggunakannya untuk bahan evaluasi kedepan.

Apa yang salah dari gambar yang sudah kalian ambil. Apakah exposure berlebihan untuk foto tersebut. Ataukah ketajaman pada foto masih kurang. Permasalahan ini bisa terjawab dengan melihat data exif. Untuk pemotretan kedepan, kalian bisa menggunakan pengaturan yang lebih baik lagi, sehingga bisa menghasilkan foto yang berbeda dan berkualitas.

Beberapa kamera digital sudah dilengkapi dengan fitut GPS. Ini sangat membantu kalian ketika ingin melakukan pemotretan di tempat yang sama pada gambar yang diperoleh fotografer. Dengan melihat data exifnya, kalian bisa melihat dimana lokasi yang mereka ambil. Fitur GPS ini sangat akurat, jadi jangan kuatir jika kalian masih ragu terhadap data exifnya.

Berikut informasi – informasi yang ada pada data exif,

1.    Waktu pengambilan gambar
2.    Model kamera yang digunakan
3.    Lensa yang digunakan saat memotret
4.    Besarnya focal length
5.    Segitiga exposure (Shutter Speed, ISO, dan Diafragma)
6.    Auto flash / tidak
7.    GPS (jika kamera kalian dilengkapi fitur ini)

Masih ada informasi – informasi yang ada pada data exif. Namun kurang lebihnya, data exif tersebut tersedia untuk kamera digital saat ini. Manfaat yang kalian peroleh setelah membaca data exif adalah sebagai berikut :

1.  Coba kalian bandingkan 2 buah foto yang sudah kalian ambil dengan pengaturan yang berbeda. Dengan melihat data exif kalian bisa memilih foto mana yang mempunyai pengaturan lebih baik.
2.    Kalian bisa mendokumentasikan foto dalam satu urutan. Waktu pengambilan, model kamera, atau dari lensa kamera yang kalian gunakan.
3.  Kalian bisa melihat karya – karya fotografer yang bisa menghasilkan foto bagus. Unduh gambar tersebut, setelah itu lihatlah data exif yang digunakan. Kalian bisa melakukan hal sama seperti fotografer tersebut.

Untuk bisa melihat data exif, baik itu yang masih berada di kamera ataupun sudah kalian pindah di media lain (kompter, laptop). Adalah dengan memilih tombol info pada kamera. Setelah itu akan muncul informasi data pada gambar. Jika gambar kalian sudah dipindahkan di laptop, bisa kalian buka dengan cara klik kanan gambar tersebut. Pilih properties, dan pilih details.

Kesalahan yang sering dilakukan seseorang terkait tentang data exif adalah ketika editing dilakukan. Perlu diketahui bahwa data exif akan tetap ada selama kalian menggunakan format RAW. Untuk format JPG, kalian akan kehilangan data exif setelah gambar itu kalian olah lagi. Parahnya lagi, foto yang sudah di edit sebagus mungkin masih dicantumkan data exifnya. Hal ini sangat tidak bagus untuk dilakukan, karena orang lain yang ingin melakukan pemotretan terhadap foto kalian akan berpikir dua kali untuk melakukannya. Karena hasil gambar tidak sesuai dengan data exif yang ada. Jadi, tidak perlu lagi kalian cantumkan data exif jika gambar kalian sudah di edit dari gambar aslinya. Itu adalah kesalahan yang sering dilakukan terkait data exif.

Scroll To Top