Time Lapse Photography


Memulai Teknik Time Lapse  

Time lapse fotografi adalah teknik pengambilan gambar dengan exposure yang sama. Selanjutnya kalian jadikan dalam bentuk video. Sebagai contoh, mungkin kalian pernah melihat cuplikan video dengan pergerakan awan atau rumput yang begitu cepat. Kurang lebih seperti itu nanti hasil yang kalian peroleh. Bermain time lapse sangat menyenangkan namun juga butuh kesabaran. bisa memakan waktu cukup lama untuk mencoba time lapse, bahkan berhari – hari.

Untuk memulai time lapse, peralatan utama yang harus kalian persiapkan adalah tripod. Tripod sangat penting karena untuk menjaga kamera agar tidak mendapat sedikit gerakan dari benda apapun. Kalian harus menjaga kamera dengan stabil. Setelah itu tetapkan kapan waktu yang baik untuk mengambil gambar.

Karena time lapse bermain pada cuaca. Tentukan timing yang pas sebelum mengambil gambar. Time lapse bisa dilakukan kapanpun, entah itu pagi hari, siang hari, bahkan malam hari sekalipun. Tegantung dari tema apa yang ingin kalian ambil.

Time lapse adalah bentuk sebuah foto yang nantinya akan dijadikan video. Atau kalian bisa juga langsung mengambil gambar dalam bentuk video. Untuk lebih mudahnya, bisa kalian langsung mengambil rekaman video. Jika dimulai dari gambar, kalian nantinya akan lebih lama lagi bermain di editing.

Video yang mempunyai durasi terlalu lama hanya membuat bosan yang melihat. Apalagi jika video itu hanya di isi tempat – tempat tertentu. Untuk itu, tetapkan berapa lama kalian ingin memasukkan video time lapse. Durasi pada umumnya adalah 5 atau `10 detik, sedangkan durasi tepanjang hanya satu menit. Karena hanya mempunyai durasi yang sangat singkat, cobalah untuk merekam video itu semenarik mungkin. Misalnya, untuk bisa melihat taman yang mempunyai luas berhektar – hektar, tentu harus menghabiskan berjam – jam lamanya. Dengan time lapse, hanya 1 menit saja kalian sudah menunjukkan luas taman yang berhekar – hektar tadi.

Untuk time lapse dalam bentuk gambar. Tentukan pula berapa gambar yang harus kalian ambil dalam sekian detik. Contoh, jika kalian menetapkan 1 foto per satu detik. Maka berarti kalian harus mengambil 60 gambar dalam satu menit. Untuk satu foto ini juga harus mempunyai subjek yang sama, hanya saja cuaca yang berbeda – beda. Dimulai dari keadaan cerah hingga gelap misalnya.

Cuaca inilah yang kebanyakan menjadi masalah dalam pembuatan time lapse. Cara yang sederhana adalah dengan membuat pencahayaan sendiri. Kalian bisa melakukannya di kamar dengan objek apa yang ingin kalian tentukan. Kalian bisa lebih leluasa untuk mengatur pencahayaan jika dalam kondisi seperti ini.

Aturlah objek tersebut dengan menetapkan pencahyaan secara bertahap. Dimulai dengan menghidupkan semua lampu kamar hingga mematikannya satu per satu. Pencahayaan seperti ini akan membuat exposure pada gambar seimbang. Setelah mengatur baik itu objek maupun pencahayaan, langkah selanjutnya adalah mengenai ISO. Pilih ISO dengan angka paling rendah, ini mengapa sangat disarankan untuk membawa tripod saat mengambil gambar. Setelah itu tetapkan kecepatan rana dalam pengambilan gambar. Usahakan untuk menggunakan aturan 1 detik kebawah. Mengapa? Karena tidak mugkin akan ada pergerakan yang terjadi Selama kurun waktu tersebut.
Dalam video time lapse, kalian harus menjaga agar setiap gambar kalian mempunyai subjek, tempat, dan fokus yang sama. Hindari untuk memilih mode auto fokus, ini untuk mencegah terjadinya perbedaan fokus pada subjek foto. Lebih baiknya, untuk menggunakan manual fokus. Hasil kalian akan tetap terjaga fokus subjeknya dan akan terlihat lebih enak untuk dilihat.

Setelah mengerti tentang apa itu time lapse fotografi. Selanjutnya akan saya berikan langkah – langkah dalam membuat video time lapse, yaitu
1.    Kamera dan Tripod
Tidak ada batasan, kamera apa yang harus digunakan. Tidak harus menggunakan kamera digital untuk membuat time lapse. Sekarang ini sudah banyak smartphone yang mempunyai kualitas gambar yang bagus. Kalian bisa memanfaatkan kelebihan tersebut. Tripod, adalah peralatan wajib yang harus kalian bawa saat memulai pengambilan gambar. Karena inti dari time lapse fotografi adalah mengenai konsisten. Jadi kalian harus menjaga benar – benar posisi kamera.

2.    Sample Gambar
Sebelum mengambil dengan pasti tempat dimana kalian memotret. Alangkah baiknya untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Tentukan dimana letak yang paling strategis. Atur juga mengenai fokus dan subjek apa yang dipilih. Setelah itu, baru kalian bisa memulainya.

3.    Pengaturan Kamera
Untuk pengaturan kamera, kebanyakan fotografer menggunakan mode manual. Apapun modenya, semua diatur dengan manual. Ubah auto fokus, ubah juga auto white balance. Atur juga mengenai ISO, Shutter Speed, dan Diafragma. Jangan pernah sekali – kali untuk memilih mode auto audio pada kamera. Jika kalian menggunakan mode tersebut, hasil kalian akan mendapatkan suara yang kurang pas. Karena mode ini diatur untuk merekam setiap suara yang bisa ditangkap kamera. Sedangkan time lapse, hanya mengarah pada subjek foto bukan pada audio.

4.    Intervalometer
Ini adalah waktu interval yang terdapan pada hasil kalian nantinya. Berapa gambar dalam sekian detik kalian harus ambil, ini masuk kedalam perhitungan inrervalometer. Sebagai contoh diatas adalah 1 gambar untuk satu detik. Jadi jika kalian ingin membuat time lapse dengan durasi satu menit. Kalian harus mengambil gambar 1 per detik.

5.    Lokasi
Apakah kalian ingin mengambil gambar matahari terbenam? Ataukah terbit? Atau mungkin kalian ingin mengambil gambar dari aliran sungai? Kalian bisa menntukan ini sebelum memulai pengambilan gambar.

6.    Memotret
Kalian bisa memulai untuk memotret jika sudah di tetapkan berapa intervalometer tadi. Jadi, kalian bisa mempunyai batasan dalam pengambian gambar. Ini juga untuk menghindari kekurangan foto pada saat editing nantinya.

7.    Editing
Ini adalah tahapan terakhir dalam time lapse. Photoshop adalah aplikasi editing yang sangat bagus untuk membuat video time lapse. Namun dalam photoshop juga ada sedikit kerumitan dalam proses pembuatan video. Untuk memulainya, pilih dokumen baru pada photoshop. Pilih menu HDTV 1080p. ini adalah menu untuk resolusi interval kalian tadi. Setelah itu pilih menu window / timeline. Setelah itu akan terbuka pilihan editing yang akan ditambah, mulai dari panjang durasi, jumlah gambar, dan audio tambahan.

Sangat panjang bukan untuk bisa membuat time lapse fotografi. Tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin mencoba untuk melakukan. Yang terpenting kalian harus sabar dan konsisten. Biasanya seseorang yang sudah lama terjun di bidang fotografi yang ingin membuat video time lapse. Karena modal awalnya tentu harus paham dengan fotografi. Sedikit susah bagi pemula yang ingin langsung membuat video time lapse.

Time lapse bisa juga untuk dijual. Beberapa website ada yang menerima untuk karya time lapse fotografi. Jadi, bagi kalian yang mempunyai karya yang bagus dalam time lapse. Bisa kalian coba kesempatan tersebut.

Scroll To Top