Finding Nemo Ketapang


Gili Ketapang Probolinggo


Lombok boleh mempunyai Gili Trawangan, atau Madura dengan Gili Labaknya. Namun bagaimana dengan Gili Ketapang? Apakah kalian sudah pernah mendengar nama tersebut? Ini adalah sebuah pulau kecil di wilayah Probolinggo. Untuk menuju kesana kalian hanya bisa menggunakan perahu.

Jika yang kalian cari adalah keindahan alam yang masih terjaga ekosistemnya, mungkin pulau jawa adalah jawabannya. Pulau jawa memang terkenal dengan ribuan pulau didalamnya. Siapa yang menyangka bahwa ada sebagian pulau di jawa yang sangat menarik untuk kalian kunjungi. Lokasi pulau ini berdekatan dengan wilayah Madura, akan tetapi masih masuk dalam kawasan Probolinggo.

Pulau ini adalah pulau Gili Ketapang. Sebuah kepulauan yang terkenal dengan ketenangan ombaknya, serta keindahan pulau ini masih terjaga hingga saat ini. Tidak harus pandai berenang jika ingin berkunjung kesana, gili ketapang mempunyai pasir berwarna putih dengan sedikit kemerah – merahan yang pasti membuat kalian nyaman berada disana. Akan tetapi, fasilitas diving dan snorkeling masih menjadi andalan dalam bermain air.

Pulau Gili Ketapang berada di tengah – tengah laut. Jarak antara daratan dengan pulaunya lumayan jauh, jadi kalian diharuskan menggunakan perahu kecil untuk bisa kesana. Tidak perlu khawatir, petugas pantai disana sudah menyediakan fasilitas dengan lengkap. Waktu yang diperlukan untuk mencapai pulau Gili Ketapang sekitar 30 menit. Pulau ini dihuni oleh suku Madura asli, populasi penduduknya bisa mencapai 8000 orang.

Gili Ketapang adalah pulau yang berada di wilayah Probolinggo, namun ada mitos yang mengatakan bahwa pulau ini lambat laun mengalami perpindahan letak setiap harinya. Kepercayaan terhadap mitos itulah mengapa pulau tersebut dinamai dengan Gili Ketapang. Gili yang berarti sebuah desa, sedangkan Ketapang adalah mengalir. Mereka menyakini bahwa pulau ini akan terus bergerak hingga ke tengah laut.

Biaya Masuk Pulau Gili Ketapang

Kalian bisa menikmati liburan di Pulau Gili tanpa biaya apapun. Hanya saja, untuk bisa menuju ke pulau Gili kalian perlu membayar Rp 10.000 untuk sewa perahu kecil. Semakin terkenalnya pulau Gili Ketapang tersebut, sekarang sudah mulai ditemui paket - paket wisata Gili Ketapang. Jadi, bagi kalian yang berada di luar kota yang tidak sempat menyewa peralatan bisa kalian coba paket wisata yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan relativ murah, yaitu sebesar Rp 80.000 – Rp 100.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya penyeberangan menuju pulau Gili Ketapang, Fasilitias snorkeling, foto underwater, tour guide local, dan juga 1 kali makan.

Rute Menuju Gili Ketapang

Kami sarankan bagi kalian yang berada diluar kota Probolinggi untuk menggunakan travel jika ingin kesana. Ini dikarenakan jumlah angkutan umum di Probolinggo tidak beroperasi 24 jam. jika kalian sudah berada di Kota Probolinggo, kalian hanya perlu menuju pelabuhan tanjung tembaga mayangan. Pelabuhan ini adalah pelabuhan satu – satunya yang bisa menyebrang ke pulau Gili ketapang. Gili Ketapang adalah kepulauan yang berada di selat Madura, Probolinggo.
Jam operasional penyeberangan ke Gili Ketapang tidak buka 24 jam. Perahu – perahu kecil milik nelayan tersebut akan mulai menyeberang ke Gili pada saat pukul 8 pagi sampai 4 sore. Sedangkan untuk perjalanan pulang mulai pukul 6 pagi sampai 6 malam.

Fasilitas Pulau Gili

Penduduk setempat masih mengelola pulau Gili ketapang dengan baik. Terbukti dengan banyaknya fasilitas wisata yang tersedia disana. Tempat ibadah dan juga kamar mandi sudah dirasa banyak di Pulau Gili. Sekarang ini, masyarakat sekitar menambahi ayunan dan spot foto yang bagus untuk dicoba. Ada juga warung – warung kecil yang menjual makanan serta oleh – oleh khas Gili Ketapang.

Jika kalian asli lahir dari Kota Gresik, pasti kalian tahu tentang Gua Kucing. Yaitu sebuah gua bekas dari petilasan Sunan Giri. Gua kucing ini berada di seberang pulau Gili, kalian bisa kesana dengan jalan kaki setelah menyeberang dari pelabuhan. Bagi kalian yang suka akan wisata religi, disana tersedia pula padepokan besar untuk peziarah. Banana boat, snorkeling adalah fasilitas wisata air di Pulau Gili.

Tips Menuju Gili Ketapang

1. Bagi kalian kaum hawa, jangan lupa untuk membawa sunblock saat berada disana. Sudah dipastikan bahwa kondisi cuaca disana sangatlah panas.
2.  Lebih baik untuk memilih waktu penyeberangan ke Gili ketapang pada saat pagi hari, karena cuaca saat itu belum begitu panas. Kalian bakal betah saat bermain snorkeling nantinya.
3.  Berbekal makanan dari rumah juga bagus untuk dilakukan. Mengingat ini adalah tempat liburan, jadi harga yang dijual juga lumayan mahal. Lebih baik uangnya kalian guanakan untuk membeli oleh – oleh saat pulang nanti.
4. Sediakan uang tunai yang cukup. Ini adalah kepulauan yang masih ASRI. Sangat sulit untuk mencari mesin ATM disana.
5.  Bersikaplah ramah terhadap semua orang. Orang orang disana sangat ramah terhadap semua orang. Tegur sapa kepada penduduk setempat, jangan sampai kalian disangka sombong akibat tidak menyapa.

Kalian akan meilihat pemandangan alam yang sangat indah di Pulau Gili. Air laut yang masih berwarna biru jernih, pepohonan yang sangat rindang, serta semilir angin yang sejuk. Sebuah tempat yang sangat sulit ditemukan di Kota – kota besar. Ini adalah tempat yang sangat pas jika kalian ingin refreshing. Ingin berlibur, ingin bermain air.

Lokasi pulau Gili memang sedikit sulit untuk dijangkau, ini yang membuat pulau gili masih sepi. Mata pencaharian penduduk kebanyakan adalah sebagai nelayan. Arus ombak yang masih tenang, ditambah lagi dengan pasir putih yang luas, warna air laut yang sangat biru, apalagi penduduk setempat yang sangat sopan terhadap wisatawan menjadikan pulau ini sangat nyaman untuk ditempati.

Satu permasalahan yang masih kurang di pulau gili. Yaitu masih banyaknya sampah – sampah yang berada di sekitaran pantai. Adanya sampah tentu akan menjadi kurang nyamannya liburan, selain itu pemandangan juga akan terganggu akibat sampah. Terus lagi peliharaan hewan ternak milik penduduk sering kali membuat wisatawan kurang nyaman. Permasalahan ini muncul karena  masih kurangnya kesadaran penduduk terhadap lingkungan. Petugas setempat akan terus berupaya meningkatkan kenyamanan lokasi dari sampah.
Jangan salah pilih terhadap harga paket wisata yang ditawarkan. Pilihlah bentuk pelayanan dan harga yang sesuai dengan kantong kalian masing – masing. Tentunya juga memilih jaminan keselamatan dan kenyamanan ketika berwisata

Scroll To Top