Ingin Mencari Latar Belakang Foto Ekstrem? Bagaimana Dengan Gigi Hiu


Wisata Ekstrem Gigi Hiu

Ada yang mengatakan dengan sebutan pantai batu karang raksasa, pantai batu layar, pantai pegadungan, dan lain sebagainya. Istilah kerennya adalah Gigi Hiu. Tempat yang ekstrem sesuai namanya. Wisata pantai ini menjadi familiar setelah maraknya pengguna social media mengunggah foto liburannya. Melalui media sosial inilah, pengunjung wisata Gigi Hiu meningkat drastis setiap harinya. Rasa penasaran akibat istilah nama pantai yang unik di dengar.

Orang yang baru pertama kali mendengar nama pantai tersebut, akan berpikir kenapa pantai tersebut dinamai Gigi Hiu? Apa yang menjadi kemiripan dengan seeokor hiu? Jangan salah, pantai ini dinamai Gigi Hiu karena nuansa petualangan yang sangat menantang. Selain sensasi eksotisme pemandangan alam, ada tantangan tersendiri saat berkunjung di wisata ini. Kalian akan melihat perbedaan wisata ini dengan wisata pantai pada umumnya. Mulai dari bentuk, medan yang dilalui, dan juga keindahan pantainya.

Wisata pantai Gigi Hiu berada di Bandar Lampung, tepatnya Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Di sepanjang jalan menuju lokasi kalian akan melewati jalan yang tidak mulus, penuh dengan lubang, serta bongkahan batu yang berukuran besar. Namun, tidak semuanya buruk saat dilalui, di perjalanan kalian bisa melihat pemandangan laut yang indah, pepohonan yang banyak tumbuh di sekitaran pantai. Hitung – hitung sebagai hiburan saat perjalanan.

Dari Bandar Lampung, kalian tidak bisa langsung menuju lokasi wisata. Kendaraan roda empat tidak diperbolehkan memasuki lokasi wisata. Kalian bisa mencari ojek motor dari Desa Kiluan Negeri. Kecuali jika kalian membawa motor sendiri, tidak masalah jika tidak menggunakan ojek. Saya sarankan lebih baik kalian menggunakan ojek motor di Desa Kiluan. Bukan berarti jika sudah membawa motor, kalian bakal sampai tujuan dengan mudah. Kalian salah, jalan menuju Gigi Hiu masih sangat parah. Namun, jika menggunakan ojek. Mereka sudah hafal betul jalur untuk menuju lokasi wisata. Karena jalanan tersebut sudah menjadi lintasan mereka setiap hari.

Tarif Masuk Obyek Wisata Gigi Hiu

Sediakan uang cash yang lebih saat berkunjung ke Gigi Hiu. Sewa ojek motor disana cukup mahal, yaitu sebesar Rp 200.000. Jangan kaget, kalian pertimbangkan sendiri dengan jalanan yang harus dilalui menuju lokasi. Mereka tidak mungkin menarik biaya sebesar itu untuk jalanan yang mulus. Biaya tersebut sudah terhitung pulang pergi perjalanan, namun belum termasuk biaya tiket masuk lokasi. Jarak lokasi wisata dengan Desa Kiluan membutuhkan waktu 45 menit perjalanan.
Setelah tiba di loket masuk wisata, kalian akan melihat papan bertuliskan “Selamat Datang di Pegadung kelumbayan”. Di samping pintu masuk, ada tempat kecil untuk beristirahat sejenak. Disana juga dijadikan sebagai tempat para tukang ojek menunggu wisatawan berlibur. Dari pintu masuk, lokasi pantai Gigi Hiu berada 250 M. Kalian hanya diperbolehkan untuk jalan kaki ketika menuju lokasi pantai.

Inilah Gigi Hiu. Kalian akan melihat dengan jelas apa maksud dari nama unik pantai tersebut. Ketika sampai di lokasi, kalian akan disuguhkan pemandangan batu karang di pinggir pantai yang menjulang tinggi. Setiap ujung dari batu karang tersebut terlihat menyerupai gigi ikan hiu. Pantai Gigi Hiu memang terkenal dengan nuansa alamnya yang menggoda. Ini merupakan tempat yang bagus bagi para photographer. Lampung adalah tempat berkumpulnya wisata pantai yang eksotis. Kalian akan dibuat kebingungan sendiri untuk menentukan wisata pantai di Bandar lampung. Namun Gigi Hiu masih menjadi primadona para traveler.

Warga setempat ada yang menyebut Gigi Hiu dangan istilah Batu Layar. Dari kejauhan kalian akan melihat jejeran pantai yang mirip dengan bentuk layar kapal yang melebar. Ciri khas dari pantai ini adalah kumpulan batu karangnya yang lancip dan tersusun dengan rapi di sepanjang bibir pantai. Ombak laut yang cukup besar setiap kali menerpa batu – batu karang tersebut. Ini yang menjadikan pemandangan pantai Gigi Hiu sangat tidak biasa. Boleh dibilang ini merupakan spot fotogenik jika sudah berada disana.

Satu hal lagi yang menjadi pemanis pemandangan pantai Gigi Hiu. Yaitu saat momen sunrise ataupun sunset tiba, pada saat momen ini tiba kalian akan melihat sinar matahari yang muncul diantara batuan karang. Warna – warna yang beraneka ragam bercampur menjadi satu di balik batu karang yang tinggi. Dijamin, ini merupakan momen terbaik untuk dijadikan latar belakang foto. Nuansa romantis akan tercipta, sangat indah untuk diabadikan.

Tiket masuk wisata pantai memang belum resmi di tetapkan. Kalian hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan sebesar Rp 20.000, sedangkan roda empat sebesar Rp 50.000. Disini juga belum ada penginapan atau Guest House untuk wisatawan. Namun, kalian dijinkan untuk mendirikan tenda jika ingin bermalam. Selain penginapan, masih sulit pula ditemui warung – warung kecil yang berjualan makanan. Sebaiknya, kalian membawa perbekalan sendiri dari rumah sebelum ke lokasi.

Waktu Berkunjung

Waktu yang pas untuk berlibur di pantai Gigi Hiu adalah saat musim panas. Sebisa mungkin untuk menghindari kunjungan saat musim penghujan. Ini karena kondisi jalanan masih banyak yang rusak, belum lagi jika musim penghujan datang. Kondisi jalanan akan dipenuhi dengan genangan air.Sangat aneh bukan, antara nama dengan kondisinya sangat berbeda. Justru sebaliknya, banyak sekali keindahan – keindahan yang dimiliki wisata pantai ini.
Pantai Gigi Hiu saat ini tengah mengalami perkembangan. Wisata ini sangat terkenal berkat ulasan dan cerita – cerita perjalanan tentang keindahan yang disuguhkan di pantai Gigi Hiu. Masih banyak fasilitas wisata yang perlu dibenahi. Mulai dari akses jalur yang belum banyak mengalami perubahan, entah itu dari penduduk setempat maupun dari pemerintah. Namun bagi traveler, tetap saja hal tersebut malah menjadi hasrat yang tinggi untuk berpetualang.

Satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan saat berkunjung kesana. Di setiap bibir pantai Pegadungan ataupun Gigi Hiu, ombak yang dimiliki sangat ganas dan juga batu – batu karangnya yang tajam serta runcing. Ini bukanlah tempatnya untuk berenang dan bermain – main air, apalagi diving ataupun snorkeling. Kalian harus menghindari kegiatan tersebut. Pantai Gigi Hiu tidak sama dengan wisata pantai yang lainnya, pantai satu ini bukan tempat yang pas untuk kalian yang hobi melaksanakan kegiatan bawah laut.

Pantai eksotis ini malah menyuguhkan keindahan lokasinya melalui pemandangan alam. Sangat sering ditemui bahwa sebagian besar para fotograferlah yang berkunjung ke pantai tersebut. Sesekali pernah lokasi wisata ini dijadikan sebagai spot prewed. Ada beberapa spot yang sangat sesuai untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang bagus. Momen terbaik disana adalah saat matahari terbit. Kalian akan melihat pemandangan alam berwarna merah yang muncul diantara sela – sela batuan karang yang tinggi. Akan lebih indah jika disaat itu pula terdapat ombak besar yang menerpa bebatuan.


Scroll To Top