Katanya, Belum Ke Malang Kalau Belum Berkunjung Di Sini


Obyek Wisata Menawan di Malang

Hiburan apa yang paling sering kalian lakukan di akhir pekan? Shopping? Kuliner? Atau bermalas – malasan? Bagaimana kalau berlibur? Tidak perlu jauh – jauh kalau ingin berlibur. Jawa Timur mempunyai segudang wisata yang menarik untuk dikunjungi, tepatnya Kota Malang. Berlibur adalah bentuk pelampiasan seseorang ketika hari – harinya disibukkan dengan namanya tugas. Entah itu tugas kantor, tugas rumah, tugas sekolah, dan sebagainya.

Kota Malang sejak dulu merupakan kota yang memiliki sejuta potensi. Apa yang diragukan dari Kota Apel satu ini, setiap bulannya ada saja wisata yang baru di Malang. Ada wisata alam, wisata edukasi, kuliner, dan bahkan wisata modern karena tren. Kalian akan merasa ingin kembali mengunjungi kota ini jika sekali sudah pernah berkunjung kesana.


Apalagi kalian yang statusnya menyandang sebagai mahasiswa, pasti ada sedikit celah untuk berlibur di akhir pekan. Destinasi wisata di Malang berikut ini bisa kalian jadikan sebagai pertimbangan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan,

1.    Jatim Park 3
Ciri khas dari Kota Malang mengenai wisata adalah seputar wisata alamnya. Air terjun (Coban) dan juga pantai adalah contohnya. Namun, siapa sangka jika Malang bisa membuat wisata dalam bentuk taman hiburan.

Beberapa bulan kemarin, wisata yang paling baru di Kota Malang adalah Jawa Timur Park 3. Untuk lebih mudah mengingatnya disebut dengan istilah Jatim Park 3. Wisata ini sudah resmi dibuka pada November 2017. Tempat unggulan dari wisata ini adalah mengenai taman Dino Park. Mereka membuat Dino Park ini dengan maksud untuk mengingatkan kembali kepada pengungjung, bahwa dahulu kita pernah hidup di zaman Dinosaurus hingga zaman milenial saat ini.

Kalian akan disuguhkan berbagai fosil – fosil Dinosaurus pada zaman dahulu lengkap dengan informasinya. Setelah itu, kalian di persilahkan untuk melihat berbagai zaman yang ada pada dinosaurus menggunakan kereta mini. Ada 5 zaman yang terdapat di Dino Park, zaman Permian, Triassic, Jurassic, Cretaceous, dan Ice Age.

Setelah selesai mengunjungi zaman dionsaurus, selanjutnya adalah saatnya berpetualang ke dunia dino bertemakan timur tengah. Konsep bangunannya hampir mirip dengan nuansa timur tengah, fasilitas yang lengkap ditambah lagi property khas timur tengah. Jika kalian sudah berada disini, berarti kalian sudah tidak lagi berada di Indonesia. Menarik bukan? Tiket masuk yang diberikan untuk berkunjung ke Dino Park adalah Rp 100.000.

Tempat lain yang ada di Jatim Park 3 adalah Infinite World, atau lebih dikenal dengan istilah “Ruangan Tanpa Batas”. Pada ruangan ini, kalian akan melihat banyak sekali foto – foto yang menarik. Ada juga wahana yang menarik untuk seru – seruan bersama keluarga di Infinite World. Sedangkan untuk tiket masuknya sebesar Rp 30.000.

2.    Wisata Malam BNS
Berbeda dengan taman hiburan lainnya, yang kebanyakan hanya dibuka pada saat pagi hari – hingga menjelang malam. Batu Night Spectacular (BNS) justru sebalinya, wisata ini dibuka pada saat sore hari hingga malam hari. BNS sudah mulai dibuka pada pukul 15.00 – 24.00.

Wisata malam ini menyuguhkan banyak sekali wahana yang menarik, seperti wisata penguji adrenalin, hiburan lampu – lampu lapion, sampai go cart. Untuk bisa masuk di BNS, kalian diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk hari – hari biasa (weekday), sedangkan untuk hari libur sebesar Rp 30.000 (Weekend).

3.    Kampung Jodipan
Tempat ini sebenarnya bukanlah tempat wisata. Awalnya, tempat ini adalah sebuah kampung kecil yang berada di bantaran Sungai Brantas. Setelah itu, ketika ada program dari Mahasiswa yang bekerjasama dengan produsen cat dinding, kampung kecil ini diubah menjadi tempat wisata dengan ciri khas warna – warni dindingnya. Kampung jodipan hingga saat ini menjadi wisata hits bagi kaum muda.

Kampung jodipan, sangat sesuai untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto. Karena tema arsitekturnya sangat menarik dengan berbagai warna disana. Bolehlah untuk dijadikan sebagai bahan di Instagram nantinya. Harga tiket masuk ke kampung jodipan juga sangat terjangkau, kalian cukup membayar Rp 3.000 saja.

4.    Mata Air Krabyakan
Menjauh dari pusa Kota Malang, ada lagi wisata alam yang patut kalian kunjungi. Sumber air Krabyakan. Wisata ini berada di kabupaten Malang, tepatnya di wilayah Lawang. Kalian akan menemukan sebuah wisata dengan mata air yang bersumber dari pegunungan langsung. Untuk sekadar bersenang – senang sambil bermain air, wisata Krabyakan bisa dijadikan sebagai destinasi selanjutnya.

Sumber air yang sangat jernih, ditambah dengan penataan batu alam yang teratur semakin membuat kalian merasa nyaman berada disana. Sumber air ini belum banyak wisatawan yang mengetahui. Siapa sangka, pemandangan begitu indahnya kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 1000 untuk tiket masuknya. Harga yang sangat murah tentunya untuk bisa menikmati kolam alami yang sangat jernih.

5.    Pusat Kota Malang
Tempat ini tepat berada di jantung Kota Malang. Jika kalian melakukan perjalanan dan berhenti di Stasiun Kota Baru Malang, disana terdapat wisata untuk dikunjungi. Wisata ini berbeda dengan wisata seperti Jatim Park ataupun BNS. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat istirahat dan refreshing santai. Alun – alun tugu Malang, Kampung Jodipan, dan juga Hotel Tugu jika kalian ingin menyantap makanan khas Kota Malang.

Kalian bisa sekali atau dua kali berfoto di area tersebut, karena spot ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot instagramable kalian. 1 Km dari Stasiun Kota Baru, tepatnya berada di belakang Balaikota Malang. Disana kalian akan menemukan monumen tempoe dulu. Monumen ini menjelaskan kembali tentang sejarah – sejarah Kota Malang mulai dari zaman kerajaan sampai modern. Sejarah Kota Malang bisa kalian lihat lagi di Museum Brawijaya. Lokasi ini tidak jauh dari Stasiun Kota Baru. Di Museum Brawijaya kalian tidak hanya disuguhkan oleh sejarah saja, melainkan benda – benda zaman dulu juga diperlihatkan untuk pengunjung.

Terakhir adalah alun – alun Kota Malang. Sangat disayangkan, jika kalian berkunjung di Kota Malang jika belum menjajakkan kaki di Alun – alunya. Ini adalah pusat keramaian di Malang. Alun – alun Malang juga menjadi ikon wisata.  Terdapat banyak pedagang yang bisa kalian pilih untuk menikmati kuliner khas Malang.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? Masih banyak wisata di Malang yang bisa kalian jadikan pilihan. Namun, wisata di atas adalah wisata yang sangat digandrungi oleh pengunjung. Ada lagi wisata alam seperti pantai Balekambang, Goa Cina, ataupun Kondang Merak. Mengingat, medan jalan yang harus dilalui cukup sulit. Ada sebagian tempat yang mempunyai trek yang sulit. Jadi, kalian bisa tentukan sendiri, ingin berlibur dengan keluarga atau bersama teman – teman. Jika dengan keluarga, cukup memilih wisata yang bisa menghibur semua orang. Selamat berakhir pekan.


Scroll To Top