Tidak Hanya Kesenangan Yang Kalian Dapatkan, Wawasanmu Bakal Bertambah Jika Berlibur Di Destinasi Ini

Sebagian orang mempunyai kriteria sendiri jika ingin berlibur. Ada sebagian orang yang berlibur untuk bersenang – senang semata. Ada juga yang ingin mendapatkan pengalaman baru ketika berlibur. Kalian masuk kriteria yang mana? Jika ingin mencari pengalaman baru, kalian bisa mencoba destinasi di Jawa Barat yang baru membuka wahana wisata.

Jawa Barat mempunyai ciri khas Batik Cirebon. Tidak hanya itu saja, ada lokasi – lokasi lain di Jawa Barat yang bagus untuk belajar hal baru. Tiket masuk yang ada juga tergolong murah. Beberapa wisata berikut ini yang recommended untuk dijaadikan sebagai pengalaman baru kalian,

1.    Batu Karas
Jika di Bali memiliki Pantai Keramas, Ciamis Jawa Barat juga mempunyai pantai yang hampir sama dengan di Bali. Batu karas merupakan obyek wisata yang sering dipilih untuk mereka yang mempunyai hobi berselancar. Karena Batu Karas mempunyai Ombak yang begitu besar, sangat cocok untuk melakukan surfing di pantai tersebut. Di pantai ini pula kalian akan menemukan sebuah pulau kecil untuk memudahkan kalian ketika menunggu datangnya ombak.

Pantai ini mempunyai batasan yang diberikan kepada peselancar. Jika kalian termasuk peselancar pemula, kalian boleh memilih Legok Pari untuk dijadikan sebagai tempat belajar. Namun jika kalian sudah mahir dalam berselancar, bolehlah untuk memilih tempat Bulak Pendak sebagai tantangan baru. Bulak pundak mempunyai ombak yang cukup besar, ditambah lagi dengan gulungan ombak yang lumayan panjang jangkauannya.

Jangan khawatir jika kalian ingin belajar berselancar dan ingin mendapatkan bimbingan langsung dari orang – orang professional. Batu Karas menyediakan fasilitas untuk belajar surfing, mulai dari peralatan dan juga pelatih.

2.    Citatah, Padalarang
Kalian merupakan orang – orang pecinta tantangan? Atau kegiatan – kegiatan yang ekstrem? Tebing Citatah bisa kalian coba. Ketinggian yang ada pada tebing Citatah banyak variasinya. Mulai dari ketinggian 48 M,  90 M, hingga 125 M. Kalian bisa memulainya dari ketigginan yang terendah hingga paling tinggi. Ini akan memacu adrenalin pada diri kalian jika melakukan panjat tebing di Citatah. Tidak hanya ketinggian saja, namun jalur panjatan juga berbeda pula. Kurang lebih terdapat 25 jalur yang ada pada tebing. Jalur ini juga mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda – beda pula.

Semakin tinggi panjatan yang kalian pilih, semakin sulit pula jalur panjatan yang kalian lalui. Orang – orang sekitar ada yang menyebut dengan istilah Gunung Malik bukan Citatah. Ini dikarenakan dulu Kopassus lah yang memilih Gunung Malik layak untuk dijadikan olahraga panjat tebing. Maka dari itu, jika kalian ingin melakukan kegiatan tersebut, kalian harus meminta izin terlebih dahulu kepada Kopassus.

Untuk khalayak umum hanya diperbolehkan untuk melakukan pemanjatan pada ketinggian 48 M dan 90 M. Sedangkan untuk ketinggian 125 M, hanya dikhususkan kepada pelatihan panjat tebing yang dimiliki oleh pihak swasta. Bagaimana? Ingin mencoba memanjat di tebing Citatah? Lokasi tebing ini berjarak 5 Km dari pusat kabupaten Bandung Barat.

3.    Saung Angklung Udjo, Bandung
Jika kalian mempunyai selera yang tinggi pada karya seni. Saung angklung Udjo bisa kalian pilih untuk belajar hal baru tentang seni. Saung angklung udjo berfokus pada seni musik sunda. Namun tidak hanya seni musik saja, di sini kalian bisa melihat pula penampilan seni seperti tari jaipong, arumba, dan juga wayang golek. Di akhir acara, kalian baru bisa melihat semua jenis seni yang ada pada Saung Angklung Udjo.

Ketika berada di pintu masuk, kalian akan diberikan fasilitas angklung untuk bisa belajar langsung di akhir pertunjukkan. Yang menjadi menarik adalah, kalian bisa terlibat langsung pada pertunjukkan saung angklung udjo. Seakan – akan kalian adalah orang – orang yang akan menampilkan seni musik di para penonton.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki destinasi ini adalah sebesar Rp 60.000, sedangkan untuk hari libur sebesar Rp 75.000. Lokasi ini berada pada Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung. Sangat dekat jika kalian berada di Stasiun Bandung.

4.    Batik Tradisional
Tidak lazim jika berlibur di Cirebon belum membeli souvenir Batik khas Jawa Barat. Tidak hanya itu, bagaimana jika selain membeli souvenir kalian juga bisa belajar bagaimana caranya melukis batik. Batik Tradisional EB adalah tempatnya. Tempat ini berada di Jalan Panembahan Utara No. 1. Disana kalian akan diajarkan caranya melukis batik, mulai dari pemula hingga yang ahli.

Pelatihan membatik di EB dibuka setiap hari. Kalian akan dibekali dengan kain pola tipis yang berukuran 1 X 0,5 M. Setelah itu, kalian hanya perlu menambahi peralatan lain seperti, malam, tinta, minyak kote, dan lain sebagainya. Selanjutnya gambarlah batik sesuai dengan pola tipis yang terdapat pada kain. Langkah terakhir adalah proses pencucian, mewarna, dan pengeringan.

Proses pengeringanlah yang membutuhkan waktu cukup lama. Tidak perlu khawatir, pemilik toko EB akan mengantarkan hasil karya kalian ke tempat tinggal kalian. Jika dirasa ingin belajar lebih jauh tentang Batik. EB Batik Tradisional membuka pelatihan khusu seharga Rp 35.000. Tidak masalah bukan, jika kalian akan memperoleh pengalaman berharga tentang batik. Sangat menarik bukan, bisa belajar secara langsung tentang batik? Hasil seni lukis kalian sendiri pun juga bisa untuk dijadikan sebagai oleh – oleh.

5.    Museum Barli
Jika dirasa belajar melukis batik membosankan, bagaimana dengan melukis gambar yang sesungguhnya? Museum Barli bisa kalian pilih untuk media belajar melukis. Selain itu, di Museum ini pula kalian akan melihat pameran seni lukis ternama seperti Barli Asmitawinata. Museum Barli ini dibuka mulai hari senin hingga sabtu pukul 09.00 pagi.

Museum Barli beberapa hari lalu sudah membuka kelas khusus untuk pelatihan seni lukis. Program pelatihan ini diberi nama “Anak Bumi”. Peserta pelatihan yang ada pada “anak bumi” ini hanya untuk anak – anak yang sudah putus sekolahnya. Program ini dilakukan setiap satu minggu sekali hingga saat ini. Alasan utama mengapa program ini dibuka adalah, untuk memberikan fasilitas kepada anak – anak terlantar di wilayah Bandung. Agar mereka masih bisa untuk belajar dan berkarya. Pesera pelatihan “anak bumi” sudah cukup banyak. Pemilik toko dengan senang hati menerima peserta lain yang ingin bergabung. Sedangkan pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat pelatihan “anak bumi” secara gratis.

Itu adalah destinasi wisata yang recommended di Jawa Barat untuk menambah wawasan baru kalian. Sangat menyenangkan bukan, selain berlibur kalian bisa memperoleh ilmu baru disana. Akan lebih menyenangkan jika kalian bepergian bersama dengan keluarga. Kalian bisa memilih beberapa destinasi di atas sesuai dengan selera kalian masing – masing. Jika dirasa masih kurang, Jawa Barat juga mempunyai wisata alam seperti air terjun, ataupun pegunungan.

Scroll To Top