Adanya Wisata Baru Inilah Yang Membuat Raja Ampat Tidak Sepi Pengunjung


Keindahan Obyek Wisata Raja Ampat

Raja Ampat adalah lokasi romantis yang harus dikunjungi. Berada di wilayah Papua Barat dengan luas lebih dari 5 hektar, ditunjang lagi dengan lingkungan yang masih asri tanpa ada sedikitpun kotoran di lokasi pantainya. Ada sekitar 600 pulau yang berada di kawasan Raja Ampat, dan pulau ini sudah terpisahkan menjadi provinsi Indonesia Baru. Pulau Misool, Pulau Salawati, Batana, merupakan pulau - pulau besar di Raja Ampat. Ada yang tahu, Sejarah disebut dengan nama Raja Ampat? Dahulu, wilayah ini dikuasai oleh 4 raja yang mendiami 35 pulau, sedangkan beberapa pulau belum dijamah manusia. Namun, ada juga pulau yang sudah dieksplorasi oleh manusia.

Kota Waisai merupakan pusat populasi Papua, yang mencapai jumlah orang yang memperoleh populasi beragama islam. Kalian harus menggunakan kapal jika ingin mengunjungi Kota Waisai. Penduduk disana menunggu ramah untuk pengunjung yang datang, sedangkan mata pencaharian mereka di dominasi oleh nelayan. Hasil laut yang dapat dijual di pusat Sorong, yang merupakan pusat kemitraan para nelayan. Untuk pulau Waigeo terbagi menjadi 4 bagian, diketahui adalah waigeo selatan, timur, utara, dan juga barat.

Kristen merupakan agama yang dianut oleh masyarakat Papua. Kisah sejarah yang masih terngiang hingga saat ini, yang ada sebelumnya yang menemukan 7 telur. Lantas ketujuh telur tersebut menetas menjadi 4 pangeran, dan 3 telur yang lain menetas menjadi seorang wanita cantik. 4 pangeran yang menetas dari telur dinamakan seperti pulau yang ada saat ini, yaitu pulau Waigeo, Batanta, Misool, dan Pulau Salawati. Dari empat pulau tersebut, disimpulkan menjadi Pulau Raja Ampat.

Obyek wisata Raja Ampat bukan tandingannya lagi dengan wisata seperti Dewata Bali atau wisata yang lain. Bagaimana tidak, melihat ekosistemnya saja sudah lengkap dengan biota laut yang sangat banyak, dan lagi berbeda flora dan fauna yang masih dijaga dengan baik. Raja Ampat adalah kepulauan yang memiliki spesies karang alami dengan prosentase 75% dari berbagai karang di dunia. Spesies langka seperti ikan duyung, ikan berkuda, ikan pari laut, tuna, hanya bisa kalian temukan di Raja Ampat. Kalian wajib untuk menikmati kesana karena memang pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Jangan heran jika tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pengumjung yang sering berwisata di Raja Ampat sebagian besar dari luar negeri, beberapa ada juga yang dari pengunjung lokal. Kunjungan mancanegara bisa mengunjungi Raja Ampat, kunjungan harus mendapat uang Rp10jt. Untuk melihat keindahan bawah laut adalah alasan yang paling umum bagi mereka yang berkunjung ke Raja Ampat. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa hanya berjalan - jalan di pantai, menikmati matahari terbit dan menonton, melihat beberapa peninggalan sejarah, melihat beraneka ragam flora dan fauna, atau melihat burung - burung yang ditangkap yang dipindahkan.

Kalian bisa mendapatkan penawaran menarik jika berkunjung ke Raja Ampat, dan ini diberikan oleh wisatawan yang tinggal di resor atau menyewa kapal penisi Raja Ampat. Biaya sewa kapal mewah ini mencapai Rp100jt untuk 14 orang. Tentu dengan harga yang mahal tersebut, kalian akan mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik membandingkan hanya di resort saja. Bagi kamu yang memiliki uang lebih, kamu harus menggunakan kapal penisi ini, karena sangat jarang ditemukan di kawasan Raja Ampat untuk bisa mencapai beberapa pulau, kamu perlu menggunakan kapal jika ingin kesana.

Sementara untuk kalian yang meminta jalan - jalan tanpa mengeluarkan banyak uang, ini bisa meminta lagi dengan baik. Berwisata di Raja Ampat tidak hanya bisa dengan modal nekat saja, namun harus memiliki petualangan yang hebat. Dapat memprediksi cuaca yang tidak menentu, perkiraan hujan dan panas. Raja Ampat disebut sebagai surganya wisata bagi para penggemar menyelam dan penyelam bawah laut dengan harga yang cukup mahal. Bayangkan, penginapan yang paling murah seharga Rp300.000 dan itupun hanya mendapatkan fasilitas yang terbatas. Belum lagi ingin mengunjungi beberapa tempat, mau tidak mau kalian membutuhkan kapal untuk berlabuh. Berikut adalah beberapa objek wisata yang ada di Raja Ampat:


1. Wisata Pulau Wayag
Lokasi tempat ini terletak di sebelah barat pulau waigeo, sekaligus menjadi ikon dari Raja Ampat. Lokasi yang paling jauh dengan wisata Raja Ampat yang lain, dan merupakan surganya bermain menyelam. Karena di tempat ini memiliki karang yang masih asri. Biaya untuk menyewa speed boat sebesar Rp 9jt, dan menghabiskan waktu selama 4 jam perjalanan dari pusat kota waisai. Sedangkan biaya masuk wilayah biaya sebesar Rp 200.000

2. Bukit Karang Pianemo
Bukit pianemo adalah kumpulan dari beberapa bukit karang yang berada di Raja Ampat, lekat bukit itu sendiri berada di dekat pulau Wayag di sebelah barat pulau Waigeo. Pemandangan berupa hamparan batu karang akan tersaji di sana yang bisa dilihat dari atas kapal. Untuk dapat membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari dermaga. 

3. Pulau Misool
Misool adalah pulau yang berada di Raja Ampat yang sangat indah. Untuk bisa kesana dihabiskan lewat laut yang bisa kalian dapatkan di kota Sorong.Membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke Pulau Misool, sedangkan harga tiketnya sebesar Rp70.000 hingga Rp200.000



4. Hantu Laut Urbinasopen
Hantu Laut Urbinasopen selalu terjadi pada tanggal 31 Desember atau setiap akhir tahun. Fenomena langka ini menjadi fakta bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Waigeo TImur. Sinar cahaya yang mengitari akan terlihat indah dan hanya berlangsung beberapa waktu saja di setiap malam. Penduduk sebagian besar menganut agama kristiani, namun mereka semua memiliki sifat yang ramah dan ramah terhadap wisatawan. Obyek wisata Urbinasopen bisa menjadi daftar kunjungan wisata kalian, dengan melihat fenomena langka di penghujung tahun.


Berwisata ke Raja Ampat memang membutuhkan biaya yang lumayan besar dengan itenary yang cukup matang juga. Dalam satu kali kunjungan, perlu biaya sebesar Rp5jt hingga Rp10jt, karena memang kalian harus berlibur dengan membeli tiket pesawat menuju kota Sorong. Diharapkan, kalian membeli tiket pesawat dari Surabaya sekitar Rp3jt untuk pulang pergi, belum lagi kalian harus membeli tiket kapal dari kota Sorong, dan membeli speedboat yang harganya sekitar Rp7jt untuk paket bulan madu. Lebih mudahnya, semua orang bisa meminta terlebih dahulu pada agen wisata Raja Ampat. 


Scroll To Top