Danau Legenda Danau Toba


Panorama Indah Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang bisa membuat pengunjung betah disana, siapa sangka danau seindah itu menyimpan cerita legenda yang masih dipercaya hingga saat ini. Selain itu, danau Toba merupakan jenis danau yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hingga saat ini danau Toba menjadi obyek wisata yang tidak kalah dengan obyek wisata lainnya.

Wisata Indonesia sudah banyak menjadi obyek wisata yang memikat wisatawan mancanegara. Cerita legenda dari danau Toba juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Legenda ini dimulai dari beberapa lembah yang ada di Sumatera Utara dengan pemain utama si petani yang mempunyai karakter pekerja keras serta aktor lainnya adalah ikan ajaib.

Ahli ilmu Geologi pernah melakukan riset di kawah danau Toba pasca terjadinya letusan gunung berapi super vulkanik pada 77.000 tahun silam. Letusan gunung berapi ini menjadi yang terdahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi yang lain. Letusan ini tidak terjadi hanya satu kali, ledakan yang terjadi hampir ratusan kali. Akibat dari letusan tersebut, berdampak buruk bagi seluruh iklim di dunia.

Cerita mengenai danau Toba sudah menjadi hal umum bagi penduduk Indonesia. Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang memukau dengan wilayah yang sangat luas. Di tengah – tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau kecil yang dinamai pulau Samosir. Dari obyek wisata ini kalian bisa belajar memaknai hidup. Terdapat beberpa alasan yang tepat, inilah kenapa kalian harus berkunjung ke wisata alam danau Toba.

Danau Toba merupakan obyek wisata yang recommended untuk menghabiskan liburan panjang atau di akhir pekan. Di tempat ini kalian bisa bersantai sambil melihat pemandangan alam setelah melalui hari – hari yang melelahkan. Kondisi seperti ini bisa kalian dapatkan di danau Toba, dan belum tentu bisa kalian temukan di tempat lain.

Tidak hanya keindahan alamnya saja yang indah, danau Toba memunyai suhu udara yang sejuk dan tenang. Jadi mengapa harus pergi ke luar negeri jika hanya mencari suasana yang sejuk, Indonesisa mempunyai semua yang kalian butuhkan, danau Toba misalnya. Ini merupakan spot yang bagus untuk melupakan segala rutinitas yang padat, sensasi yang ada di danau Toba sangat berbeda dengan obyek wisata yang lain.

Danau Toba mempunyai wilayah yang sangat luas. Bila dibandingkan, danau Toba mempunyai wilayah hingga 2 kali lipat luas Negara Singapura. Masih ragu untuk berkunjung kesini setelah melihat wilayah seluas ini? Ini baru dari luas wilayah, belum lagi letak danau Toba berada di puncak gunung berapi aktif dari 75.000 tahun silam. Ditambah lagi obyek wisata danau Toba dikelilingi oleh perbukitan, dan lagi arak – arakan awan yang menghiasi di atasnya.

Penduduk danau Toba mempunyai sifat yang ramah terhadap pengunjung. Kalian akan disambut dengan senang hati jika berkunjung kesana. Jadi bila kalian mempunyai rencana untuk berkunjung ke danau Toba, sempatkanlah waktu kalian untuk beradaptasi dengan penduduk disana. Kalian juga diperbolehkan untuk belajar ataupun melihat tradisi budaya masyarakat asli Samosir.
Hamparan danau yang luas ini sangat berbeda dengan danau yang lainnya, sekilas danau Toba terlihat seperti sebuah danau yang mempunyai lautan biru mempesona. Karena inilah danau Toba pernah dinobatkan sebagai danau terluas dan terbesar di wilayah Asia Tenggara. Danau Toba berada di urutan kedua setelah danau Victoria Afrika yang mempunyai kedalaman hingga 450 meter, dan untuk panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 meter.

Terdapat beberapa kegiatan yang bisa kalian di wisata Danau Toba, diantaranya :
1.    Mendaki Gunung
2.    Berlayar berkeliling danau Toba
3.    Berenang
4.    Berkunjung ke pulau Samosir

Dijamin tidak akan ada rasa bosan jika kalian berkunjung ke wisata danau Toba. Banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan disana sesuai dengan hoby yang kalian senangi. Kalian bisa menikmati pemandangan alam dari danau Toba jika berada di pulau Samosir. Akan terlihat dengan indah sebuah pemandangan yang sangat luas dari pulau kecil ini. Pasalnya pulau Samosir berada tepat di tengah – tengah danau Toba.

Obyek wisata ini memang sudah dibuka untuk destinasi liburan cukup lama. Namun, destinasi ini masih terjaga dengan baik terlebih pulau Samosir. Pulau Samosir senantiasa dijaga keindahan alamnya karena masih jarang wisatawan yang berkunjung kesana. Jika danau Toba mempunyai luas 2 kali lipat dari Negara Singapura, pulau Samosir adalah persamaan dengan Negara Singapura. Masyarakat yang hidup di pulau Samosir masih di dominasi oleh suku batak Samosir.


Obyek Wisata Lain di Danau Toba

Terdapat 2 danau yang populer di pulau Samosir. Yaitu danau Sidihoni dan danau Aek Natonang. Di sekitar wilayah danau tersebut ditumbuhi oleh tanaman pinus yang tersusun dengan rapi di pinggiran pulau. Satu lagi pemdangan alam yang ada di pulau Samosir yaitu air terjun yang masih asri memukau. Sekarang ini terdapat pemandian air panas yang bersumber dari air belerang. Menurut penduduk setempat, pemandian tersebut sangat bagus untuk menyembuhkan atau menyehatkan kulit.

Tentukan terlebih dahulu alasan kalian ingin berkunjung ke danau Toba. Karena tidak setiap waktu mempunyai momen yang sama. Misalnya jika kalian ingin berkunjung ke danau Toba karena ingin melihat festival, berlibur, menenangan pikiran, atau tujuan yang lain. Untuk itu, waktu yang tepat ketika berkunjung adalah pada bulan September sampai November. Pada bulan – bulan tersebut, terdapat beberapa agenda masyarakat setempat yang sayang untuk dilewatkan.

Beda lagi jika kalian ingin berkunjung ke wisata danau Toba untuk bersantai. Maka waktu yang tepat adalah pada bulan Mei sampai September. Di waktu tersebut, Sumatera Utara masuk pada musim kemarau, oleh karena itu kalian bisa menikmati pemandangan yang tidak terganggu oleh hujan. Kondisi cuaca akan terasa sejuk dan kondusif hanya pada bulan Mei.
Terdapat 7 kabupaten di dekat danau Toba, yaitu kabupaten Tobasa, kabupaten Samosir, kabupaten Dairi, kabupaten Tapanuli, kabupaten Hasundutan, kabupaten Karo dan juga kabupaten Simalungun. Akses untuk menuju danau Toba lebih mudah setelah dibukanya Bandara Silangit. Kalian bisa menggunakan maskapai seperti Sriwijaya Air atau Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Bandara Silangit. Setelah itu, kalian bisa menggunakan kendaraan umum menuju ke Parapat kurang lebih 1 jam. Dari Parapat kalian sudah berada di wisata alam danau Toba.

Tarif tiket pesawat selalu berubah – ubah. Kurang lebih kalian perlu menyiapkan dana sekitar Rp 1.800.000 jika menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Untuk transportasi umum dari Parapat menuju danau Toba sekitar Rp 400.000. Liburan ke danau Toba kurang sempurna jika belum berkunjung ke pulau Samosir. Karena di tempat inilah yang menjadi icon dari danau Toba. Untuk menuju ke pulau Samosir kalian perlu menggunakan kapal Feri. Sekitar 50 menit perjalanan menyeberang dari Parapat ke pulau Samosir. Perhatikan juga mengenai jam pemberangkatan kapal Feri, agar tidak ketinggalan.



Scroll To Top