Kegiatan Seru Berikut Bisa Kalian Coba Hanya di Pulau Peucang


Terdapat obyek wisata menarik di paling barat Pulau Jawa jika kalian mengetahuinya. Wisata ini tidak diragukan lagi mengenai keindahan alamnya. Namun, untuk bisa kesana kalian perlu tenaga yang ekstra hingga sampai menuju tempat wisata tersebut. Ini merupakan obyek wisata pantai yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Sebuah pantai yang identik dengan pasirnya yang berwarna putih serta mempunyai alam yang masih liar.

Selama perjalanan, kalian akan menemui sedikit kesulitan dari kondisi jalanannya. Jika kalian datang dari Jakarta, selanjutnya kalian perlu melanjutkan perjalanan menuju Pandeglang, setelah itu menggunakan trasnsportasi umum selama 4 jam perjalanan. Jalanan disana masih ada yang sangat parah kondisinya, sering kejadian beberapa kendaraan yang mogok karena terperangkap pada lumpur saat hujan.

Pantai Peucang berada di Desa Sumberjaya Kecamatan Sumur. Di sekitar pantai sudah dibangun beberapa dermaga yang menghubungkan langsung ke pulau – pulau kecil di sekitar. Obyek wisata Peucang masih belum banyak orang yang mengetahui, jangan kaget jika kalian berkunjung kesana hanya pada rombongan kalian sendiri. Jika ingin bermalam atau membutuhkan penginapan, disana sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa kalian sewa. Untuk tarif permalam rata – rata sekitar Rp 500.000.

Beberapa kegiatan seru yang bisa kalian lakukan saat berkunjung ke Pantai Peucang,:

1.      Pasir putih yang indah
Tidak banyak kalian akan menemukan sebuah pantai yang mempunyai pasir berwarna putih. Hal ini bisa kalian temukan di Pantai Peucang, ditambah lagi dengan teriknya sinar matahari di sana bakal menjamin kulit lebih eksotis. Banyak juga wisatawan mancanegara yang berkunjung di Pantai Peucang.

2.      Banyaknya hewan liar berlalu lalang
Hal ini yang menjadi pembeda antara wisata satu dengan wisata yang lain. Lebih tepatnya saat berada di sekitar penginapan, akan sangat banyak ditemui hewan seperti rusa dan monyet yang berkeliaran di lapangan. Monyet – monyet kerap kali bergelantungan diatas kepala pengunjung, ada juga rusa yang bertubuh tegap, berbeda jauh dengan rusa di Kebun Raya Bogor. Hewan – hewan liar seperti itu memang dibiarkan oleh penduduk untuk berkeliaran di sekitar penginapan, karena mereka sudah jinak dan tidak akan menggangu wisatawan asalkan tidak diusik. Yang sedikit mengganggu adalah keberadaan monyet. Kalian jaga dengan baik barang – barang bawaan kalian. Monyet disana senang mengambil barang wisatawan yang lalai, barang apapun itu. 

3.      Sulit mencari signal seluler
Pantai Peucang merupakan obyek wisata untuk bersantai, tempat dimana menjauhkan segala rutinitas yang membosankan. Di tempat ini pula kalian akan dijauhkan dari yang namanya interne, smartphone hanya digunakan untuk sekadar memotret dan berselfie. Lebih baik kalian simpan saja smartphone tersebut, daripada nanti diambil oleh monyet liar.

4.      Karang Copong
Wisata lain diseberang Pantai Peucang adalah Karang Copong. Berkunjung ke Peucang serasa kurang jika belum mengunjungi Karang Copong, yaitu kumpulan karang yang mempunyai banyak lubang seperti Tanah Lot Bali. Obyek wisata ini adalah tempat yang sangat pas untuk menikmati matahari terbenam. Sebelum berkunjung kesana jangan lupa untuk membawa losion antinyamuk ataupun obat antimalaria, gunakan juga sepatu atau sandal jika dipakai nyaman buat kalian. Karena tidak hanya di penginapan saja terdapat hewan – hewan liar. Justru di Karang Copong mempunyai hewan kecil yang liar pula. Ini adalah sebuah hutan yang dihuni beberapa habitat, seperti burung elang, burung hantu, merak, dan biawak. Pohon – pohon di hutan tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dengan akar pohon yang besar pula.

5.      Banteng Ciadon
Dari Pantai Peucang kalian hanya perlu menempuh perjalanan lagi sekitar 2 km. Kalian bisa menggunakan fasilitas perahu yang sudah disediakan oleh petugas. Berlokasi di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, Ciadon mempunyai kawanan banteng yang cukup banyak. Ada menara tinggi yang bisa kalian kunjungi untuk melihat pemandangan dari ketinggian. 

6.      Muara Cigenter
Ada yang pernah bermain kano? Sebuah balap air menggunakan perahu kecil. Kalian bisa menemukan permainan tersebut di Muara Cigenter Ujung Kulon. Rute untuk permainan ini juga lumayan jauh, dimulai dari Pulau Peucang, perahu akan meluncur ke Pulau Handeuleum, dan terakhir menuju ke Muara Cigenter. Kalian tidak diijinkan jika menggunakan perahu Kano sendirian, harus ada jasa tukang perahu yang mendampingi. Jika ingin mendayung, mereka akan memberikan 2 gayung jika menginginkan. Air laut disana cukup keras disertai dengan guncangan – guncangan kecil. Namun, setelah memasuki Muara, ombak laut akan berangsur tenang. 


7.      Snorkeling
Jika bermain Kano belum membuat kalian puas, bagaimana dengan mencoba menyelami kedalaman Cihandarusa. Cihandarusa merupakan perairan di Pantai Peucang yang berada di sebelah barat Pantai Peurang. Area ini mempunyai terumbu karang yang indah dengan perairan yang jernih tentunya.
7 kegiatan diatas merupakan aktivias yang hanya kalian temukan di Pantai Peucang. Apakah pernah kalian menemukan hewan – hewan liar berkeliran? Hal tersebutlah yang menjadi ikon dari Pantai Peucang. Tiak perlu khawatir mengenai hewan liar itu, mereka semua sudah jinak hanya saja sesekali jahil terhadap wisatawan.

Tidak salah jika seseorang menilai bahwa Banten merupakan tempat wisata yang menarik, selain Pantai Peucang kalian bisa berkunjung pula untuk melihat badak bercula satu. Sekadar informasi bahwa Peucang merupakan sebuah nama dari hewan seperti siput yang banyak ditemukan di sekitar area Pantai Peucang. Penduduk setempat menjuki hewan tersebut dengan istilah mata peucang. Akhirnya pantai tersebut diberi nama serupa dengan hewan yang hidup disana.

Pulau Banten berada di selat Panaitan dengan jarak yang masih lumayan jauh dengan wilayah Pandeglang Banten. Luas Pulau Peucang mencapai 450 hektar. Satu hal lagi yang menjadi panutan dari pulau Peucang adalah, bahwa UNESCO pernah menganugerahi Pulau Peucang sebagai salah satu situs warisan dunia. Karena memang letaknya berada di dekat Balai Konservasi atau Taman Nasional Ujung Kulon.

Obyek wisata ini menawarkan banyak sekali keindahan serta fasilitas yang ada didalamnya. Water sport misalnya, kalian bisa memanfaatkan permainan ini ketika berkunjung kesana. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, apalagi jika kalian pergi bersama rombongan, ada harga khusus atau mungkin mendapatkan diskon, baik itu tiket masuk, trasnportasi, maupun akomodasi. Akan tetapi diskon tersebut tidak berlaku jika kalian melakukan kegiatan lain, mungkin ada sedikit biaya tambahan.
Scroll To Top