Pantai Eksotis di Ujung Indonesia


Destinasi Wisata di Sabang

Adakah dari kalian yang pernah berkunjung ke Sabang? Jika pernah, mungkin tidak asing dengan tempat wisata Pantai Sumur Tiga. Ya benar, ini merupakan obyek wisata yang wajib kalian jadikan pilihan untuk berlibur. Pesona yang menawan dari Pantai Sumur Tiga tidak kalah menarik dengan obyek wisata pantai yang lain. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara, mereka berbondong – bondong ingin untuk berkunjung kesana.

Pinggiran pantai dengan panjang 2 km dipenuhi oleh bentangan pasir putih yang sangat mempesona, ditambah lagi dengan ombak warna biru kehijauan yang bergelombang. Terpaan cahaya matahari pada air laut dan batu karang menjadikan warna eksotis yang lebih di pantai tersebut. Bagaiamana? Penasaran mengenai wisata pantai Sumur Tiga. Inilah sedikit ulasan mengenai destinasi Pantai Sumur Tiga.

Pantai Sumur Tiga mempunyai 3 buah sumur yang ada di pinggiran pantai. Ini mengapa pantai ini disebut dengan istilah Pantai Sumur Tiga. Tidak hanya itu saja, sesekali sumur tersebut pernah mengeluarkan air asin dan tawar. Sumur yang berusia lebih dari puluhan tahun ini tidak lagi digunakan, penduduk setempat menjadikan sumur sebagai peninggalan sejarah. Nilai – nilai sejarah yang ada pantai inilah yang menjadikan pantai ini menjadi unik untuk dikunjungi.

Pantai Sumur Tiga menyuguhkan panorama alam disertai dengan lingkungan yang masih alami. Tumbuhan pohon kelapa yang berada di bibir pantai menjadikan nuansa di pantai lebih terlihat asri dan memberikan pandangan mata lebih nyata. Saat siang hari hembusan angin disertai gulungan ombak akan memanjakan setiap pengunjung yang datang. Momen yang sering ditunggu pengunjung adalah saat sunset datang. Pada saat momen tersebut datang, Pantai Sumur Tiga akan terlihat lebih jelas dan indah.

Selain itu, arus ombak yang kuat, pemandangan laut lepas tanpa batas, hembusan angin yang sejuk, adalah ciri khas dari pantai tersebut. Letak pantai ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang merupakan alasan mengapa ombak disana cukup besar. Pantai Sumur Tiga merupakan hidden paradise di Pulau Weh, ini adalah destinasi yang berada di Kecamatan Le Meulee, Sabang, Aceh.

Jika kalian datang dari Pelabuhan Balohan Kota Sabang, cukup 20 menit waktu yang kalian perlukan untuk menuju lokasi. Sedangkan jika dari pusat Kota Sabang sekitar 10 menit waktu yang diperlukan. Menggunakan kendaraan bermotor juga bisa untuk sampai di obyek wisata tersebut. Banyaknya tumbuhan tropis di sepanjang jalan membuat perjalanan kalian tidak akan merasa bosan. Ditambah lagi dengan nuansa angin yang berhembus perlahan menjadikan suasana lebih nikmat. Saat menuju lokasi tidak banyak kalian temui pengendara lain, ini akan membuat perjalanan kalian lebih tenang dan bisa menikmati pemandangan sekitar.
Karena menyajikan pemandangan yang begitu indah, sering kali Pantai Sumur Tiga dijuluki sebagai Hawainya Indonesia. Tidak hanya pemandangan yang bisa kalian nikmati, pantai tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang lengkap. Berikut aktivitas yang bisa kalian pilih saat berada di Pantai Sumur Tiga,

1.    Diving
Ini adalah salah satu aktivitas favorit pengunjung saat di Pantai Sumur Tiga. Banyaknya jenis terumbu karang di permukaan laut akan membuat kalian terhipnotis saat Diving. Semua peralatan Diving sudah bisa kamu sewa saat berada di pintu masuk. Kalian bisa juga untuk menyewa perahu kecil jika ingin mencari spot diving yang lain. Jangan khawatir harga yang ditawarkan untuk Diving sangat terjangkau. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan Diving, karena di sore hari ombak pantai tidak terlalu besar. Jika tidak senang dengan aktifitas Diving, kalian bisa untuk melakukan aktifitas lain seperti, memancing, berenang, berjemur di pantai, ataupun yang lainnya.

2.    Menunggu Sunset / Sunrise
Tidak hanya di Pantai Sumur Tiga. Momen yang paling indah saat berlibur di pantai adalah menunggu datangnya matahari terbenam / terbit. Namun, jika di pantai Sumur Tiga beda lagi nuansa yang kalian dapatkan. Tidak heran, jika kalian menemui banyak wisatawan berjalan – jalan di pantai saat sore hari atau pagi hari.

3.    Hunting Foto Wisata Budaya
Terdapat beberapa area yang mempunyai situs sejarah menarik. Contohnya adalah adanya sebuah sumur tua dan beberapa benteng – benteng. Anehnya adalah, air yang terdapat di sumur tua tersebut bukanlah jenis air asin, melainkan air tawar. Sedangkan benteng – benteng yang ada di Pantai Sumur Tiga merupakan sisa – sisa pendudukan jepang dari Perang Dunia II. Dari beberapa situs sejarah tersebut, apa mungkin kalian tidak ingin untuk mengabadikan foto disana. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera ketika berkunjung ke Pantai Sumur Tiga.

Tidak cukup untuk menghabiskan liburan di Sabang hanya beberapa hari saja. Satu hari hanya cukup untuk berlibur di Pantai Sumur Tiga, bagaimana dengan destinasi wisata yang lain? Jangan khawatir, bagi kalian yang ingin bermalam di Sabang sudah banyak ditemui penginapan atau hotel di dekat Pantai Sumur Tiga. Terdapat penginapan yang bisa kalian pilih, misalnya jika kalian ingin menikmati indahnya sunrise dan pemandangan Pantai Sumur Tiga, kalian bisa memilih penginapan yang jaraknya lebih dekat dengan lokasi.

Fasilitas penginapan sesuai dengan harga yang kalian pilih. Jika kalian memilih penginapan dengan harga yang murah, kalian hanya mendapatkan fasilitas kamar mandi dan tidak mendapatkan sarapan. Harga penginapan paling murah sekitar Rp 80.000 hingga Rp 150.000 untuk satu malam. Sebelum memilih, pertimbangkan juga mengenai kenyamanan dan keamanan penginapan tersebut.

Setelah selesai mendapatkan penginapan yang kalian pilih, kini saatnya untuk mencicipi kuliner di sekitar obyek wisata Pantai Sumur Tiga. Kalian perlu untuk memanjakan perut setelah seharian berkeliling menyusuri Pantai Sumur Tiga. Ada banyak sekali rumah makan yang berada di sekitar pantai. Kalian wajib berkunjung jika sudah memutuskan untuk berlibur ke Sabang. Harga yang ditawarkan cukup murah, tergantung jenis makanan apa yang kalian pilih. Namun, kebanyakan wisatawan lebih senang untuk menikmati Mie Aceh khas Sabang.
Jangan samakan menu masakan ini degan mie yang ada di Indonesia. Mie Aceh dapat disajikan menjadi mie rebus atau mie goreng. Masyarakat asli Aceh senang menyebutnya dengan mie kuah. Selain itu, Mie Aceh bisa juga disajikan menjadi sup atau kari dengan rasa pedas gurih. Cita rasa pedas gurih pada Mie Aceh inilah yang membuat lidah wisatawan ketagihan untuk menikmati kuliner tersebut. Adapula minuman dingin seperti es kelapa muda yang bisa kalian pesan.

Beberapa obyek wisata lain yang bisa kalian kunjungi setelah dari Pantai Sumur Tiga :

1.  Pantai Anai Itam
2.  Tugu Nol Kilometer
3.  Pantai Anai Itam

Ketiga obyek wisata diatas cukup dekat dengan Pantai Sumur Tiga. Kalian bisa berjalan – jalan di Tugu Nol Kilometer saat sore hari ataupun pagi hari. Namun, lebih baik jika kalian berkunjung ke Tugu Nol Kilometer saat datangnya matahari terbenam. Pemandangan Pulau Sabang akan terlihat lebih indah dan menawan saat waktu senja tiba.

Scroll To Top