Tidak Harus Dompet Tebal Jika Berwisata Ke Karimunjawa

Ada yang harus kalian perhatikan jika ingin berkunjung ke Karimunjawa. Cara paling sederhana adalah dengan memesan paket wisata di agen – agen wisata yang kini sudah bisa dibeli secara online. Entah itu membelinya sebagai private wisata ataupun bergabung dalam open trip, kalian bisa juga membuat agenda – agenda yang kalian inginkan sendiri atau baru membuatnya ketika sudah sampai di lokasi (on the spot). Sebelum itu semua, saya akan berbagi pengalaman ketika berkunjung ke Pulau Karimunjawa, termasuk juga dengan tips berwisata di pulaunya.

Pulau Karimunjawa bisa kalian kunjungi hanya menggunakan Kapal Ferry Express dari kota Jepara. Dari Jepara membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, ini karena pulau tersebut mempunyai wilayah yang cukup luas. Ini adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui saat berkunjung ke Pulau 
Karimunjawa :

1.    Penginapan
Pulau Karimunjawa merupakan salah satu obyek wisata yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat, jadi pembaharuan fasilitas penginapan ataupun hotel sangat mudah untuk ditemukan. Tidak hanya tiket yang bisa dibeli secara online, kalian bisa juga memesan penginapan secara online melalui website via Online Travel Agent. Contohnya seperti Agoda, Traveloka, Booking.com, dan sebagainya. Yang perlu kalian perhatikan ketika memesan penginapan adalah, pastikan bahwa lokasi penginapan kalian berada di dekat fasilitas umum, seperti dekat dengan rumah makan, warung, dan fasilitas umum yang lain.
Jika masih bingung, pilih saja penginapan yang dekat dengan keramaian kota Jepara, dermaga atau alun – alun misalnya. Mengapa demikian? Karena tempat – tempat tersebut merupakan pusat semua kegiatan yang ada di Jepara, pasar malam, wisata kuliner, souvenir dan camilan. Jika yang kalian cari adalah penginapan dengan harga yang murah, kalian lebih baik untuk datang dan memesan on the spot, disana kalian bisa mempertimbangkan sendiri mulai dari harga dan fasilitasnya. Beberapa penginapan ada yang mempunyai konsep sunyi, tenang, teduh, dan berada di arah yang jauh menjorok di tepi pantai. Tempat ini sengaja disediakan bagi seseorang yang tidak senang berada di keramaian. Dijamin, kalian merasa tenang jika memilih penginapan seperti ini, karena hanya ada kalian dan suara deburan ombak serta ribuan bulan bintang yang menemani hari – hari kalian.

2.    Transportasi Menuju Pulau Karimunjawa
Ini adalah hal penting yang harus kalian ketahui juga. Siapa yang menyangka bahwa pulau sebesar ini masih belum mempunyai transportasi umum. Hanya ada 2 transportasi yang bisa kalian pilih ketika akan berkunjung ke Pulau Karimunjawa. Pertama adalah menggunakan sepeda motor, dan kedua menggunakan mobil. Untuk harga sewa motor sebesar Rp 75.000 selama 12 jam pemakaian, sedangkan mobil jauh lebih mahal yaitu Rp 300.000. Kalian bisa memutuskan sendiri ingin menggunakan transportasi yang mana, namun perlu kalian ketahui juga bahwa jalanan di Pulau Karimunjawa mempunyai medan naik turun dan bergelombang. Kalian bisa memilih transportasi yang tersedia disana, perjalanan dimulai dari pusat kota Jepara, atau bisa juga melalui transportasi via Semarang dan Surabaya. Misalnya menggunakan kapal cepat / Express Bahari, Kapal Biasa / Siginjay, ataupun pesawat udara.

3.    Rumah Makan
Harga makanan disana relativ murah berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000. Menu masakan seperti nasi goreng, mie goreng, cap cay, hampir sudah tersedia di setiap rumah makan. Selain itu, ada juga cafe – café kekinian yang bisa kalian kunjungi jika ingin nongkrong bersama rekan – rekan. Waktu yang paling tepat untuk berwisata kuliner adalah saat malam hari yang berada di sekitar Alun – Alun. Pada malam hari, kalian akan menemukan banyak sekali pedagang yang berjualan di area tersebut, makan dengan duduk lesehan serta berbaur dengan wisatawan asing dari berbagai Negara. Menu masakan yang umum dijual adalah jenis sea food, dilengkapi dengan olahan segar yang dipajang hampir di setiap gerobak.

Misalnya seperti, ikan laut, cumi – cumi, lobster, udang, dan kerang. Harga yang diberikan juga bermacam – macam, mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 50.000 kalian sudah bisa mendapatkan 2 porsi sea food. Selain itu, ada pula menu masakan lain seperti bakmi jowo, bakso ikan, jagung bakar, es kelapa muda, jus buah, dan lain sebagainya. Jadi, jangan khawatir jika ingin mencicipi makanan khas Jepara, pergi saja ke Alun – Alun Kota saat malam hari, kalian akan menemukan banyak sekali pedagang disana.
4.    Belanja Pernak Pernik
Hukumnya wajib bagi kalian yang berkunjung ke suatu daerah yang jauh. Tapi ingat, tidak harus memaksakan apabila dana yang kalian miliki kurang. Lantas, dimana tempat untuk membeli souvenir khas Jepara khususnya Karimunjawa? Kalian bisa berkunjung di sekitar Alun – Alun Kota, sempatkanlah untuk meluangkan waktu kalian berkunjung kesana. Ini adalah tempatnya para pedagang berjejeran menjual souvenir dan camilan khas Karimunjawa. Terdapat tenda – tenda kecil di sekitaran lapangan Alun – Alun, bukon toko ataupun ruko melainkan hanya gelaran karpet di trotoar.
Souvenir berupa kaos bertuliskan Karimunjawa, gantungan kunci, daster, syal, baju anak, asbak, adalah beberapa barang yang laris diborong wisatawan. Sedangkan camilannya, berupa ikan teri, beragam kerupuk olahan ikan, terasi, cumi – cumi, dan yang lainnya. Harga yang dijual juga sangat murah, berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 50.000. Jangan lupa untuk menyiapkan uang cash ketika hendak berbelanja, mengingat disana hanya ada 1 ATM BRI yang berlokasi di dekat Alun – Alun Kota.

5.    Snorkeling dan Diving
Bagi kalian yang memesan tiket ke Karimunjawa melalui agen wisata, kalian tidak perlu repot untuk memesan fasilitas berupa snorkeling dan diving. Namun, apabila kalian membeli tiket on the spot, kalian bisa memilih 2 cara untuk bermain snorkeling dan diving. Pertama, jika kalian kesana hanya 1 atau 2 orang, bisa untuk ikut bergabung dengan rombongan yang lain, untuk tiket bisa di pesan saat sudah di Karimunjawa.
Disana sudah ada agen wisata on the spot yang menerima pesanan saat kalian berada disana. Mereka biasanya berada di sekitar dermaga dan Alun – Alun. Harga untuk membeli tiketnya sebesar Rp 200.000 sampai Rp 250.000 sudah termasuk fasilitas snorkeling, 1 kali makan, dan foto underwater. Langkah yang kedua, kalian bisa membeli tiket dengan menyewa kapal sendiri dengan tujuan melakukannya semuanya sendirian. Ketika kalian berada di penginapan, biasanya sudah diberikan penawaran sekaligus mengenai kunjungan di Karimunjawa untuk kalian sewa. Harga yang ditawarkan tentunya juga berbeda dengan langkah yang pertama, yaitu sebesar Rp 500.000 sampai Rp 600.000 untuk sewa 1 kapal. Sedangkan harga sewa alat snorkeling sebesar Rp 150.000 sampai Rp 200.000. Enaknya jika memilih langkah yang kedua ini, kalian bisa kemanapun dengan waktu yang kalian atur sendiri, dan tidak dibatasi harus berapa lama kalian berkeliling.

Scroll To Top