Ubud Bali Menjadi Opsi Liburan Yang Menarik Dikunjungi


Apa Yang Menarik Dari Pulau Dewata?

Bali lagi Bali lagi, apa yang kurang dari Pulau yang satu ini. Sebuah pulau yang mempunyai seribu potensi. Bukan lagi wisatawan lokal yang senang berkunjung ke Bali, melainkan wisatawan mancanegara sudah banyak kalian temui disana. Kali ini saya akan mengupas mengenai tempat wisata yang sedang naik daun di pulau Bali. Yaitu wisata Ubud Bali. Ini merupakan tempat wisata yang sudah populer sejak tahun 1930an.

Tempat wisata Ubud Bali masuk dalam kawasan kabupaten Gianyar. Sekaligus tempat dimana lahirnya seniman – seniman berbakat dan pusatnya seni budaya Bali. Seni budaya seperti lukis, seni patung, seni ukir, maupun seni tari adalah hasil karya seniman kabupaten Gianyar.

Mengapa wisata Ubud sangat populer hingga saat ini? Apa yang menarik dari tempat wisata satu ini. Itu adalah pertanyaan bagi sebagian orang yang belum pernah berkunjung sebelumnya. Perlu kalian ketahui bahwa obyek wisata Ubud Bali berada di areal pesawahan yang diapit oleh jurang dan sungai. Sudah terbayang bukan jika kondisi lokasi seperti itu, yang pasti mempunyai kondisi lingkungan yang masih alami. Kondisi seperti inilah yang menjadi daya tarik pengunjung obyek wisata di Ubud.

Lantas hal menarik apa lagi yang bisa ditemui di Ubud? Disana kalian bisa melihat beragam kesenian dan budaya Bali tentunya. Kegiatan sehari – hari yang dilakukan oleh masyarakat Ubud tidak jauh dengan namanya seni dan budaya. Seni dan budaya bahkan dijadikan sebagai mata pencaharian mereka. Entah itu kerajinan tangan, seni lukis seni tari, dan sebagainya. Kalian akan menjumpai banyak museum dan toko kerajinan tangan di sepanjang area wisata Ubud.

Selain beragam jenis kesenian, di sekitar kawasan wisata Ubud juga terdapat hotel – hotel berbintang maupun penginapan untuk wisatawan. Bagi kalian yang tertarik akan dunia seni, wisata Ubud menggelar pentas seni setiap malamnya. Pentas seni semacam seni musik dan seni tari adalah penampilan yang sering digelar untuk wisatawan yang berlibur. Jika kalian pernah mendengar istilah seni Sukawati, obyek wisata di Ubud juga mempunyai kawasan pasar seni. Kawasan ini sering disebut dengan pasar seni Ubud, disana kalian bisa membeli pernak pernik kerajinan lokal dengan harga murah seperti di pasar seni Sukawati.
Obyek wisata yang terkenal di Ubud salah satunya adalah Monkey Forest Ubud. Terletak di kawasan hutan lindung serta kondisi lingkungan yang masih ASRI. Kalian akan banyak menemui kera disana. Itulah mengapa obyek wisata ini disebut Monkey Forest Ubud. Jangan khawatir mengenai kera yang hidup disana. Kera – kera yang hidup di Monkey Forest sudah jinak, selain itu juga sudah banyak petugas yang siap menjaga keamanan disana. Obyek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang dengan anggota keluarganya, terutama anak – anak.


Tidak Selalu Rafting Yang Menjadi Primadona

Selain Monkey Forest, bagaimana jika mencoba wahana Rafting? Pasti sangat seru jika kalian mengunjunginya bersama rekan – rekan. Obyek wisata rafting ini berada di sungai Ayung, merupakan jenis sungai dengan arusnya yang tidak terlalu kuat. Wahana wisata ini sudah mulai dibuka pukul 10.00 pagi dengan tiket masuk sebesar Rp 350.000 – Rp 400.000 untuk satu orang. Selain bisa menikmati aktivitas arum jeram, kalian juga mendapatkan fasilitas antar jemput dan juga satu kali makan siang.
Setelah lelah malakukan aktivitas air, kegiatan ringan lain yang bisa kalian kunjungi adalah pergi ke Pura Taman Saraswati Ubud. Ini adalah obyek wisata yang dijadikan sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati. Disana kalian akan menemukan banyak ukiran – ukiran khas Ubud Bali, ada pula kolam yang berisikan bungai teratai. Bunga teratai tersebut sekaligus digunakan untuk hiasan panggung pementasan tari Bali. Pentas seni yang sering digelar adalah jenis tari kecak. Sebaiknya kalian pergi berkunjung ke Pura Saraswati pada pukul 19.30 sebelum waktu pementasan tari kecak digelar. Untuk bisa menyaksikan penampilan tari kecak, kalian diharuskan bayar tiket masuk sebesar Rp 70.000 per orang. Lokasi Pura Saraswati bisa kalian temui di Jalan Kajeng, Ubud Kota Bali.

Tari kecak merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan Ubud Bali. Pertunjukan Tari Kecak tidak hanya berlangsung di Pura Saraswati melainkan berada di berbagai tempat di Ubud Bali. Misalnya di Pura Uluwatu, kalian bisa kesana untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak dengan jadwal yang sudah ditentukan.  Masing – masing tempat mempunyai jadwal yang berbeda – beda pula tentunya.
Masih belum puas untuk melihat jenis karya seni khas Bali. Kalian bisa pergi berkunjung ke Museum Seni Agung Rai atau lebih terkenal dengan istilah Museum Arma Ubud. Museum Seni Agung Rai didirikan di lahan yang mempunyai jenis tanah naik turun. Wisatawan sangat tertarik untuk berkunjung kesana karena museum ini mempunyai desain kebun dengan arsitektur seni budaya Bali. Tanaman anggrek dan terdapatnya Lily Pound disusun dengan sangat rapi di sepanjang areal kebun. Kalian bisa berkunjung kesana mulai pukul 09.00 – 18.00. Sedangkan harga tiket masuk Museum Agung Rai sebesar Rp 80.000 per orang.

Penduduk Bali memang terkenal dengan kreativitasnya. Terbukti dengan areal pesawahan yang dijadikan sebagai obyek wisata. Kawasan ini terkenal dengan sawah terasering Tegalalang Ubud. Jika kalian berkunjung kesana akan melihat bentangan sawah terasering dengan kondisi kemiringan yang lumayan curam. Karena kondisi pemadangannya yang sangat indah, disana terdapat banyak café yang berada di sepanjang tepian sawah.
Jika kalian termasuk orang yang suka nongkrong sambil menikmati pemandangan alam, bolehlah untuk berkunjung ke obyek wisata terasering Tegalalang Ubud. Obyek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan setelah mereka selesai berkunjung dari obyek wisata Kintamani. Memang, karena rute untuk menuju ke tempat wisata Kintamani searah dengan sawah terasering Tegalalang. Kalian bisa pergi berkunjung ke wisata terasing tersebut pada pukul 09.00 – 17.00. sedangkan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.


Air Terjun Tegenungan

Obyek wiata lain yang berada di Ubud adalah Air Terjun Tegenungan Kemenuh. Obyek wisata ini juga tidak pernah sepi oleh pengunjung. Setiap hari tempat wisata ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Karena lokasi Air Terjun Tegenungan ini searah dengan obyek wisata pasar seni Sukawati. Yang menarik dari air terjun tersebut adalah karena mempunyai ketinggian yang mencapai 16 meter. Selain itu Air Terjun Tegenungan juga mempunyai air yang masih jernih. Akan tetapi debit air yang turun lumayan besar dan deras. Untuk bisa menikmati obyek wisata ini kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak – anak.
Obyek wisata terakhir yang bisa kalian kunjungi di Ubud adalah Istana Kerajaan Ubud. Istilah lain dari kerajaan ini adalah puri Ubud. Dahulu kerajaan ini ditempati oleh raja Ubud, Tjokorde Gede Agung Sukawati. Setiap malam kawasan kerajaan Ubud selalu digelar pentas seni Tari, misalnya pertunjukan seni tari Barong Ubud. Kalian tidak akan dipungut biaya untuk berkunjung di Kerajaan Ubud, akan tetapi jika ingin menyaksikan seni tari Bali akan dikenakan biaya tiket masuk.

Scroll To Top