Berencana Berlibur ke Pantai Losari? Jangan Lupa Untuk Berkunjung Juga ke Destinasi Ini


Pantai Losari menjadi obyek wisata andalan Kota Makassar. Pantai tersebut menjadi tempat bersantai yang digemari oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Sinar matahari di pagi hari yang hangat membuat pemandangan paling mempesona di Pantai Losari. Tidak heran, jika tempat ini selalu ramai ketika sore hari, dan di pagi hari obyek wisata Makassar ini sering kali digunakan untuk tempat berolahraga. 

Sebenarnya wisata Makassar tidak selalu pantai. Misalnya wisata lain yang berdekatan dengan Pantai Losari, wisatawan dengan mudah dapat mengetahui bermacam – macam jenis destinasi wisata, antara lain:

1.  Pulau Kayangan
Obyek wisata lain yang tidak jauh dari Pantai Losari adalah Pulau Kayangan. Pulau ini mempunyai luas sekitar 1 hektar, meski demikian pulau ini mempunyai pesona yang menarik di Makassar. Tentu sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena Pulau Kayangan menawarkan panorama alam yang eksotis ditambah dengan pasir pantainya berbulir putih. Menanti matahari terbenam merupakan momen yang paling ditunggu oleh wisatawan, karena pada saat sunset suasana disana seakan menjadi tenang.

Jika ingin berkunjung ke Pulau Kayangan, kalian hanya perlu menyeberang menggunakan perahu motor selama 15 menit. Disana juga terdapat pulau kecil yang bisa digunakan sebagai tempat penginapan, tentu harga yang ditawarkan relative murah.


2.  Pesona Bawah Laut Pulau Samalona

Masih berada di sekitaran Pantai Losari, ada juga sebuah pulau kecil yang mempunyai keindahan bawah lautnya. Pulau Samalona, merupakan pulau yang mempunyai luas sekitar 2 hektar dan menjadi obyek wisata incaran bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Pulau Samalona mempunyai cirri khas pasir pantainya yang bertekstur lembut dengan warna putih, ombak disana juga tidak terlalu besar. Kumpulan spesies ikan warna – warni dan terumbu karang yang masih alami menjadi penghuni kawasan bawah laut Pulau Samalona. Sangat pas jika kalian sering melakukan snorkeling, namun jika tidak kalian bisa bersantai ataupun berjemur di tepi pantai.

3.    Masjid Apung Makassar

Masjid Amirul Mukminin adalah obyek wisata religi di Makassar. Menjadi ikon wisata religi di Makassar, sekaligus merupakan jenis Masjid Apung pertama di Asia Tenggara. Kawasan Masjid disini sangat dijaga kebersihan dan kenyamananya, karena ini tidak hanya sebagai tempat wisata, namun sebagai tempat ibadah. Waktu yang paling pas berkunjung adalah ketika menjelang waktu magrib. Disaat itu pula, kalian akan melihat pemandangan matahari terbenam yang menawan. Lokasi masjid ini berada di Jalan Penghibur No 289, Losari, Ujung Padang, Makassar.

4.    Benteng Fort Rotterdam
Fort Rotterdam merupakan salah satu ikon wisata yang bersejarah di Makassar. Tempat ini merupakan sisa – sisa peninggalan kolonial Belanda pada jaman dahulu. Benteng Fort Rotterdam mempunyai benda – benda peninggalan zaman dahulu, misalnya saja alat pertanian, busana adat daerah, alat penggilingan padi, dan yang lain.
Benteng ini dibangun pada zaman raja ke – 9 dari kerajaan Gowa Tallo pada tahun 1545. Menurut sejarah, benteng ini dibangung hanya menggunakan tanah liat dan putih telur saja. Akan tetapi, dimasa raja ke – 14 disempurnakan lagi menjadi benteng yang lebih kuat. Obyek wisata benteng Fort Rotterdam dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIT.

5.    Santap Coto Makassar di Jalan Nusantar
Tidak lengkap rasanya jika ke Makassar belum menikmati masakan coto Makassarnya. Salah satu rumah makan yang cukup legendaries adalah Coto Nusantara, adalah rumah makan idaman di Makassar bahkan sering pula kalangan artis menikmati masakan khas Makassar tersebut. Yang menarik disini adalah, bahwa kalian diperbolehkan menikmati coto dengan tambahan daun bawang dan bawang goreng yang disajikan dengan piring terpisah. Terksur kuahnya yang lumayan kental, ditambah lagi dengan irisan daging yang cukup besar. Masalah harga sangat terjangkau sekali, mulai dari Rp 15.000 kalian sudah bisa menikmati satu porsi Coto Nusantara.

Rumah makan ini berada di Jalan Nusantara No. 32 Makassar, dan satu lagi cabangnya berada di Jalan Merpati Ruko 2, 3 di belakang Bank Sulsel. Rumah makan ini dibuka setiap hari, mualai pukul 6.00 sampai 18.00 WITA.

6.    Malioboro Makassar
Lokasi berikut ini dikenal sebagai pusat perbelanjaan khas Makassar. Malioboro Makassar, kurang lebih seperti itulah mengenai tempat tersebut. Suasana disana cukup bersahabat, kalian bisa berkeliling dengan berjalan kaki saja. Aneka ragam oleh – oleh bisa kalian temukan disana, misalnya seperti kapal phinisi dalam botol, minyak gosok cap tawon asli Makassar, semuanya lengkap tersedia.
Tidak hanya itu, oleh – oleh yang paling dicari banyak wisatawan adalah aksesoris emas dan perak yang berkualitas tinggi, tetapi mempunyai harga yang terjangkau. Pusat oleh – oleh ini bernama Somba Opu, yang berlokasi di Kelurahan Maloko, Kecamatan Ujung Padang, sebelah barat Kota Makassar.

7.    Kain Sutera Khas Makassar
Makassar dikenal dengan hasil produksi kain sutera terbaik dan berkualitas. Tidak heran juga, jika sering kali wisatawan yang membeli kain sutera Makassar sebagai oleh – oleh. Kalian bisa menemukannya di kawasan jalan Gunung Lompobattang, disana sudah tersedia kedai – kedai yang menjual berbagai kain sutera dengan kualitas yang beragam.


Terdapat banyak pilihan motif serta warna yang tersedia. Oleh karena itu, wisatawan akan merasa puas belanja oleh – oleh kain sutera karena banyak pilihan. Jika dari Pantai Losari, hanya berjarak sekitar 1,5 km menuju ke Jalan Gunung Lompobattang.

Pantai Losari berada di pusat Kota Makassar, lebih tepatnya di Jalan Penghibur sebelah barat Kota Makassar. Jika kalian berada di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya perlu waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Sedangkan jika dari Bandara Hasanuddin, kalian membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Kalian tidak dipungut biaya apapun ketika masuk wisata Pantai Losari, alias gratis.

Beberapa transportasi umum yang bisa kalian gunakan seperti taxi, bus, becak, dan yang lain sudah tersedia di Makassar. Kalian bisa menggunakannya untuk berkeliling di sepanjang Pantai Losari dan tempat wisata yang lain. Selain itu, ada pula akomodasi seperti hotel dengan berbagai kelas, mulai wisma hingga hotel berbintang. Rumah makan, rumah sakit, café, kerajinan emas, dan tempat souvenir semuanya sudah tersedia disana. Penginapan recommended yang bisa kalian pilih adalah Hotel Aryaduta Makassar dan Makassar Golden Hotel. Karena memang kedua tempat ini berada di dekat Pantai Losari, sudah dijamin jika suasana di hotel tersebut sangat nyaman.


Scroll To Top