Catat! Obyek Wisata Kalimantan yang Paling Menawan




Di batas garis khatulistiwa, Pontianak merupakan salah satu kota ternama di Pulau Kalimantan yang terkenal dengan sungai Kapuasnya. Kalimantan Barat menjadi ibukota yang sering dikunjungi pelancong domestik karena banyaknya potensi wisata yang dimiliki.

Bagi kalian yang penasaran mengenai obyek wisata apa saja yang berada di Pontianak, simak informasi wisata berikut ini :

1.  Tugu Khatulistiwa
Tidak hanya menjadi ikon, Tugu Khatulistiwa yang berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak menjadi kebangaan tersendiri bagi penduduk Pontianak. Disana kalian dapat menikmati design arsitektur yang kokoh, selain itu kalian bisa belajar banyak mengenai garis khatulistiwa.

Keunikan lain yang ada di obyek wisata ini adalah setiap tanggal 21 – 23 Maret ataupun pada tanggal 21 – 23 September, akan dijumpai fenomena alam dimana matahari berada di atas garis Khatulistiwa, maka otomatis setiap benda yang berada diatas tidak akan terlihat bayangannya. Tugu Khatulistiwa berada di kawasan Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00, dan kalian diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 1.000 saja. 
2.  Museum Sejarah
     Ingin mengetahui banyak hal mengenai Kota Pontianak ataupun Provinsi Kalimantan Barat, Museum Negeri Sejarah Budaya adalah tempat yang harus kalian kunjungi. Obyek wisata ini adalah destinasi liburan yang unik di Kalimantan Barat, kalian bisa mengetahui kumpulan koleksi Geografika / Geologika yang berisikan peta dan jenis batu – batuan.


Ada juga koleksi lain seperti arkeologika, historika, biologika, keramologika, numismatika. Untuk koleksi keramologika dibentuk menyerupai tempayan, mangkuk, piring, sendok, dan lain sebagainya. Koleksi ini berasal dari Negara Cina, Jepang, Eropa, dan keramik khas lokal Singkawang. Lokasi Museum ini bisa kalian temukan di Jl. Jenderal A. Yani, Pontianak 78121 dan dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00.

3. Kadriah Keraton
Obyek wisata Pontianak yang lain adalah sebuah Bangunan Tua dari peninggalan Kesultanan Pontianak.  Keratin Kadriah sudah berdiri sejak tahun 1771, yang dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, beliau adalah sultan yang pertama di Kesultanan Pontianak. Lokasi Keraton Kadriah berada di Jl. Tj. Raya No. 1, Bugis Dalam, Pontianak Tim, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Keraton ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 18.00

4. Rumah Radakng
Satu obyek wisata lagi yang bisa kalian kunjungi saat berada di Kalimantan Barat, yaitu Rumah Betang Radakng. Saat berada disana, kalian akan terkagum – kagum melihat kemegaan rumah Nusantara dari design arsitekturnya. Bangunan dari rumah adat Suku Dayak tersebut pernah meraih rekor menjadi rumah adat terpanjang di Indonesia. Rumah adat yang mempunyai panjang mencapai 138 meter, lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. 
Meskipun hanya sebuah replika, rumah adat tersebut tetap saja digunakan sebagai pusat pementasan seni dari Suku Dayak di Kalimantan Barat. Jika ingin berkunjung kesana, kalian bisa menuju Jl letjen Sutoyo, Kalimantan Barat.

5. Masjid Agung Pontianak
Ada yang menyebut juga dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, sebuah obyek wisata religi di Kalimantan Barat sekaligus menjadi masjid tertua dan menjadi saksi terlahirnya Kota Pontianak. Masjid Agung ini berdiri megah di perbatasan Sungai Kapuas, dengan mempunyai empat tingkat atap yang digunakan untuk menghindari banjir disaat Sungai Kapuas meluap.
Masjid Agung Pontianak berada di Kampung Beting, Kelurahan Bugis Dalam, Pontianak Timur.

6. Desa Wisata Kuantan
Obyek wisata yang berada di sepanjang Sungai Kapuas lainnya adalah Kampung Wisata Kuantan. Desa wisata yang menyuguhkan beragam warna – warna yang menarik serta beberapa karya seni lukisan mural terpampang disana. Tempat ini tergolong sebagai obyek wisata di Kalimantan Barat yang digandrungi kalangan muda – mudi.  Desa wisata ini berada di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak selatan. 

7. Pantai Pasir Panjang
Bagi kalian yang berkunjung ke Pontianak dan mencari pemandangan alamnya, bisa kalian coba mengunjungi Pantai Pasir Panjang. Pantai Pasir Panjang merupakan destinasi wisata pantai yang mempunyai pasir berwarna putih bersih, serta air lautnya yang masih jernih alami, sering kali pantai tersebut digunakan untuk kegiatan berselancar. Bagi kalian yang tidak senang berselancar, lebih baik kalian habiskan untuk bersantai – santai di tepian pantai. Waktu liburan kalian akan lebih menarik dan menyenangkan. Obyek wisata ini berada di Jalan Pasir Panjang, No. 89, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. 

8. Pusat Budidaya Aloe Vera
Aloe Vera merupakan pusat pemberdayaan tanaman lidah buaya yang sering kali menjadi daya tarik wisata di Pontianak. Kalian akan menjumpai ratusan hektar tanaman lidah buaya, dan juga melihat secara langsung proses pengolahan Aloe Vera dijadikan berbagai produk seperti, permen, dodol, kosmetik,, dan produk yang lainnya. Taman ini berada di kawasan Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

9. Waterpark
Berwisata dengan anak – anak sangat menyenangkan jika ada tempat bermainnya, misalnya seperti Paradise –Q Waterpark. Taman bermain terbesar yang berada di Pontianak ini menawarkan bermacam – macam wahana air yang seru, mulai dasri Spiral Water Slide, Kolam Ombak, Race Water, dan wahana seru lainnya. Tiket masuk di Paradise-Q Waterpark sebesar Rp125.000 per orang, dan untuk jam operasional dibuka mulai hari senin – jumat (11.000 – 18.000), sabtu – minggu (10.30-17.30).

10.Taman Bougenville
Jika kalian merindukan suasana alam yang asri, obyek wisata di Kalimantan Barat satu ini bisa menjadi solusinya. Sebuah taman yang mempunyai 45 jenis bunga Bougenville, membuat kalian tidak merasa bosan ketika berkunjung kesana. Tidak hanya bunga, terdapat beberapa tanaman buah yang berada di komplek wisata alam seluas 2 hektar tersebut. 

Kalimantan merupakan sebuah provinsi yang berada di paling selatan. Meski demikian, disana mempunyai segudang daya tarik yang tidak boleh kalian lewatkan sedikitpun. Obyek wisata appaun, hampir semuanya tersedia di Kalimantan. Pulau dan pantai yang keren, air terjun eksotis, atau wilayah perbukitan yang indah, kalian tinggal memilih saja, karena semua sudah tersedia di Kalimantan. 

Serunya lagi, hampir setiap obyek wisata yang tersedia bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau, bahkan ada beberapa yang gratis. Tentunya lokasi disana sangat instagrammable. Tidak perlu menunggu lama untuk berlibur di ibukota Banjarmasin tersebut. Waktu akhir pekan selanjutnya, mungkin? Kalimantan mempunyai sejuta keindahan yang sangat layak kalian kunjungi.


Scroll To Top