Pulau – Pulau Indah di Kepulauan Seribu



Kepuluan Seribu adalah wilayah yang berada di pulau Teluk Jakarta. Kawasan tersebut berupa kabupaten administrative dari Ibu Kota Jakarta. Disana sudah ada beberapa tempat wisata yang bagus untuk berlibur, seperti tempat bersejarah, pulau tak berpenghuni, dan beberapa resort. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang berkunjung, melainkan wisatawan asing juga tertarik untuk menginap atau hanya berkunjung ke beberapa pulau.


Pantai pasir yang berwarna putih bersih, dengan terumbu karang yang cantik menghiasai daerah wisata Kepulauan Seribu. Letak antar masing – masing pulau bisa kalian tempuh dengan perjalanan sekitar 25 menit hingga 2 jam.Speed Boat adalah jenis transportasi yang bisa kalian gunakan, ini bisa kalian dapatkan di Marina. Pulau – pulau berikut ini bisa kalian coba untuk datangi sebagai tempat berekreasi


1.     Pulalu Ayer
Pulau Ayer adalah tempat berkumpulnya resort – resort modern, resort tersebut mempunyai konsep tradisional dari etnik Papua Barat. Selain itu, ada juga cottege kayu yang mengapung dengan nuansa Suku Asmat, banyak sekali fasilitas – fasilitas yang ada di Pulau Seribu. Seperti halnya mainan anak – anak, olahraga air, dan tempat rekreasi keluarga. Pulau Ayer dapat kalian tempuh hanya 25 menit saja dari Pantai Marina Ancol. Disana sangat terkenal dengan kumpulan cottege kayu apung dengan hiasan dari Suku Asmat.

2.     Pulau Bidadari
Tempat pulau indah ini cukup dekat dengan dataran Jakarta, yaitu hanya sekitar 15 km. Waktu tempuh untuk menuju Pulau Bidadari sekitar 20 sampai 20 menit perjalanan. Pulau ini mempunyai peninggalan bersejerah seperti Benteng dan meriam. Bentuk meriamnya yang bundar dengan garis tengah sekitar 23 meter dan ketebalan dinding mencapai 2,5 meter. Untuk dibagian tengahnya terdapat sebuah lingkaran yang berguna untuk penampungan air bersih sebagai keperluan minum dan memasak tentara penjaga. Bangunan seperti ini jika di Negara Eropa sering dikenal dengan istilah Menara Martello.


3.     Pulau Macan
Pulau Macan adalah salah satu tempat yang eksotis di Pulau Seribu, dengan memadukan konsep layaknya tinggal di tempat yang sunyi dari keramaian. Nuanasa yang sangat alami namun mempunyai teknologi yang modern. Kalian tidak akan menemui adanya AC di dalam kamar, karena di setiap tempat tinggal hanya bergantung pada hembusan angin laut. Lokasi setiap kamar di Pulau Macan sangatlah unik dimana kalian dapat langsung melihat lautan lepas. Setidaknya terdapat 10 kamar yang berbeda – beda antar masing – masing kamar yang lain.

4.     Pulau Sepa
Pulau Sepa merupakan obyek wisata yang berjarak sekitar 65 km dari dermaga Marina Ancol Jakarta Utara. Kalian bisa berkunjung kesana menggunakan Speed Boat yang bisa ditemukan di Pantai Marina Ancol. Pulau Sepa identik dengan pasirnya yang lembut dan bersih, air lautnya yang jernih dan pesisir pantai langsung menjorok ke laut. Karena air lautnya yang jernih, sangat banyak ditemui gerombolan ikan – ikan kecil berenang di tepian pantai.

5.     Pulau Putri
Pulau Putri adalah obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan negeri dan wisatawan lokal. Kepulauan dengan luas mencapai 8 hektar, disertai banyaknya fasilitas tempat hiburan seperti Tunnel Aquarium, Waterslide, Glass Bottom Boat, Scuba Diving, Snorkeliing, Swimming Pool dan Convention Room yang sangat wajib kalian kunjungi. Untuk bisa berkunjung menuju Pulau Putri, kalian bisa menggunakan Speed boat dari Marina Ancol dengan kurun waktu 90 menit.

6.     Pulau Pantara
Perjalanan menuju Pulau Pantara bisa mencapai 2 jam perjalanan menggunakan speed boat. Disana adalah lokasi yang tepat untuk bermain air. Karena disana mempunyai air laut yang jernih, adanya ikan warna – warni, serta terumbu karang yang bagus. Lokasinya yang jauh dari keramaian, sangat pas untuk menghilangkan kesibukan dari rutinitas sehari – hari.

7.     Pulau Royal
Pulau Royal memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi siapa saja yang berkunjung dan berlibur disana. Seperti halnya sebuah resort dengan kumpulan penginapan yang sering disebut dengan Kampung Sunset. Pemandangan tanaman mangrove sangat banyak diemui di Pulau Royal, selain itu menikmati sunset adalah momen yang paling ditunggu oleh wisatawan. Fasilitas bermain seperti spot snorkeling yang bervariasi, Wisata Memancing di Rumpon, Wisata Air seperti Jetski, Sofa Boat, Banan Boat, bisa kalian temukan dengan mudah disana.



8.     Pulau Genteng
Selanjutnya adalah Pulau Genteng, yang bisa kalian kunjungi juga menggunakan speed boat dari Pantai Marina Ancol.. Disana sudah tersedia fasilitas berupa penginapan yang memadai, dilengkapi juga dengan twin bed room, toilet, kulkas, extra bed, AC, listrik, dan balkon. Tanaman seperti cemara sangat banyak tumbuh di sekitar cottage yang menambah suasana lebih tenang dan membuat wisatawan betah berlama – lama di sana.

9.     Pulau Tidung
Dari sekian tempat wisata di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung adalah obyek wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan. Daya tarik andalan dari Pulau Tidung adalah keindahan alamnya, pantai, serta keanekaragaman biota laut, dan adanya perkampungan penduduk yang menawan. Lokasi pulau ini cukup dekat dari Pantai Marina Ancol, sekitar 90 menit perjalanan kalian sudah sampai di lokasi. Fasilitas wisata seperti penginapan dan warung makan adalah lokasi utama obyek wisata tersebut. Untuk Pulau Tidung Kecil hanya dijadikan sebagai tempat konservasi yang tidak berpenghuni.
10.  Pulau Pari
Pulau Pari merupakan sebuah pulau yang asri dengan pantai yang landai tanpa adanya gelombang.  Lokasi pulau disini tidak ramai dan bebas dari polusi, membuat sebuah pilihan yang sesuai untuk tujuan berlibur. Pulau Pari dapat kalian tempuh dalam waktu 90 menit dari Marina Ancol menggunakan speed boat. Fasilitas seperti penginapan sudah bisa kalian temukan disana, lengkap dengan AC, Kulkas, TV, Kasur dan dispenser. Setiap penginapan biasanya hanya mampu menampung sekitar 6 hingga 10 orang.

11.  Pulau Pramuka
Pulau Pramuka adalah tempat pencatatan seluruh administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu. Di tempat tersebut sangat terkenal dengan keindahan alamnya sekaligus menjadikan andalan pariwisata. Kalian bisa menggunakan speed boat untuk bisa berkunjung ke Pulau Pramuka. Pulau ini sekaligus menjadi tempat penangkaran penyu sisik hewan langka yang dilindungi. Banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan disini, seperti menikmati keindahan bawah laut yang dapat kalian sewa di peralatan snorkeling.


Nah, itu adalah beberapa obyek wisata yang bisa kalian kunjungi. Obyek wisata tersebut sangat cocok untuk kalian yang ingin melakukan Travelling di Kepulan Seribu. Sudah pasti kalian akan mempunyai liburan yang berkesan setelah pulang dari Kepulauan Seribu, ini sebabnya kalian wajib untuk mencantumkan Kepulauan Seribu menjadi opsi liburan kalian. Kalian bisa melihat bahwa Jakarta juga mempunyai pantai yang indah dan bersih.
Scroll To Top