Surga Tersembunyi Dari Riau, ANAMBAS!


Menjadi Negara kepulauan, Indonesia mempunyai banyak potensi alam yang melimpah. Hal ini tentu membuat Indonesia menyimpan tempat – tempat yang belum terjamah sama sekali. Salah satunya adalah Pulau Anambas, pulau yang termasuk dalam wilayah KEPRI dan menjadi salah satu kabupaten di Kepulauan Riau. Pulau Anambas berada di wilayah paling luar di Indonesia.

Kepulauan ini mempunyai 238 pulau, namun hanya sekitar 30 saja yang berpenghuni. Anambas pernah dianugerahi oleh CNN sebagai kepulauan tropis terindah di wilayah Asia Tenggara. Salah satu yang bisa menandingi keindahan Pulau Anambas adalah Raja Ampat, namun kecantikan – kecantikan pantai Anambas hampir mirip dengan Maldives.

Anambas adalah kumpulan dari pulau – pulau terkecil hingga pulau yang luas. Setiap pulau tersebut dipisahkan oleh laguna – laguna yang ada di Pulau Anambas. Disaat air laut sedang surut, kalian bisa menyaksikan sebagian pulau yang akan terhubung dengan pulau yang lainnya. Dasar laguna ini mempunyai pasir berwarna putih disertai taman karang yang cantik di beberapa titik. Kondisi perairan yang sangat jernih, ditambah lagi pasirnya yang putih dan batuan granit yang eksotis, sangat layak jika disebut surga. 


Berikut adalah sedikit ulasan mengenai pulau – pulau yang ada di Anambas,

1.     Pulau Tarempa
Pulau ini berbeda dengan pulau yang lain, jika kebanyakan jarak antara satu pulau dengan pulau yang lain saling berdekatan, namun Pulau Tarempa berada paling jauh dengan pulau yang lain. Ini mengapa orang – orang sering menyebut dengan pulau mahal, karena memang lokasinya jauh dari tempat yang lain. Namun, pulau ini sangat layak untuk dikunjungi, pantai – pantai disana sangat menawan dan mempunyai alam bawah laut yang indah karena belum terjamah sama sekali. Sangat cocok buat kalian yang ingin menyendiri dari keramaian. Jika sudah berada disana, dipastikan kalian bakal kesulitan dalam mengakses signal, karena signal smartphone hanya muncul saat tengah malam saja. Untuk bisa menuju Pulau Tarempa, kalian harus menggunakan kapal Ferry yang tersedia di Tanjung Pinang. Kapal ini beroperasi hanya pada hari selasa dan kamis, sedangkan untuk perjalanannya membutuhkan waktu hampir 10 jam.

2.     Pulau Bawah
Pulau Bawah termasuk dalam bagian Kepulauan Bawah yang terdapat laguna didalamnya. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Anambas adalah untuk mencari tempat yang tenang dan indah, salah satunya adalah Pulau Bawah. Hanya deburan ombak laut dan kicauan burung yang menjadi pengisi pulau ini. Pulau Bawah disebut mempunyai Laguna terbaik di dunia, setara dengan Bora – Bora di Tahiti. Tidak hanya indah alamnya saja, flora dan fauna disana pun sangat menawan.

Pulau Bawah mempunyai sebuah resort tengah laut, hanya saja yang mengelola resort tersebut adalah warga Negara asing. Resort mewah tersebut mampu menampung hingga 70 orang juga mempunyai karyawan sekitar 150 orang yang bertugas menjaga setiap villa. Pembangunan villa dan fasilitas seperti halnya dermaga, Pulau Bawah sudah beroperasi sejak 5 tahun silam. Perihal resort ini dimiliki pihak asing, maka Indonesia memberi konsesi selama 30 tahun. Untuk menuju Pulau Bawah, kalian bisa menyewa perahu bermotor dari Kota Tarempa selama 7 jam. Namun jika menggunakan speed boat hanya memakan waktu 4 jam saja.

3.     Pulau Penjalin
Pulau ini berada di Kecamatan Palmatak yang merupakan sebuah pulau paling luar di wilayah Indonesia, yang tata letaknya berada di perbatasan Negara Malaysia, Vietnam, dan juga Singapura. Pulau Penjalin mempunyai pemandangan yang sangat indah, pasir pantainya yang putih, air laut yang masih jernih dan dangkal, menjadikan pulau ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Di sekitar bibir pantai terdapat perbukitan yang hijau serta batuan granit yang melengkapi pemandangan pulau ini.

Di dalam Pulau Penjalin terdapat pulau kecil yang sering disebut dengan Tanjung Momong. Pulau ini jenis pulau yang paling indah, mempunyai pasir berwarna putih yang membentang luas sepanjang 1 kilometer dan menariknya lagi ketika sunset datang. Jika kalian ingin berkunjung ke Pulau Penjalin bisa menggunakan speed boat dari Kota Tarempa dengan perjalanan 2 jam. Speed boat yang disewakan ini hanya mampu menampung sekitar 5 hingga 20 orang saja.

4.     Temburun Waterfall
Tidak hanya pulau – pulau yang menawan, Anambas juga mempunyai obyek wisata alam yang menarik, seperti Air Terjun Temburun yang terletak di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan. Air tejun ini mempunyai tujuh tingkatan, puncak keindahan bisa kalian saksikan dari tingkat ketujuh. Akan terpampang sebuah pemandangan laut dan laguna yang begitu jelas dan indah.

Cara berkunjung ke Air Terjun Temburun, kalian bisa menggunakan kapal pompong dengan perjalanan sekitar 30 menit. Selesai dari kapal, kalian diharuskan berjalan kaki di tanah landai sepanjang 200 meter jika ingin menempuh tingkatan ketika dari air terjun. Selepas itu, kembali berjalan menanjak sepanjang 200 meter untuk mencapai puncak ke tujuh.

5.     Pulau Durai
Pulau Durai tidak hanya mempunyai pemandangan landscape yang cantik, namun lokasi dari pulau ini masih terjaga sehingga Pulau Durai dipilih untuk penyu – penyu yang akan bertelur. Gerombolan penyu tadi menjadikan Pulau Durai sebagai sarang untuk bertelur, setelah menetas kalian bisa melihat ribuan tukik lucu merayap dari lubangnya menuju bibir pantai.


Sangat mudah untuk berkunjung ke Pulau Durai, kalian bisa menyewa kapal pompong dari Kota Tarempa. Perjalanan dari Tarempa ke Pulau Durai hanya memakan waktu selama 1 jam. Sangat berkesan pastinya jika berlibur di pulau ini, tidak hanya melihat pemandangan laut yang indah melainkan bisa melihat tempat konservasi penyu secara langsung. Pulau ini juga mempunyai terumbu karang yang eksotis.

Bagaimana? Sangat banyak bukan potensi alam yang dimiliki Pulau Anambas. Kalian bisa menggunakan pesawat ke Tanjung Pinang jika ingin berlibur ke Riau, setelah itu menggunakan pesawat kecil menuju bandara Matak yang berada di Anambas. Pembelian tiketnya pun bisa kalian beli secara online. Setelah sampai di Batam, kalian lanjutkan lagi perjalanan menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Sekupang atau Batam Centre. Disana belum ada rute pesawat dari Batam menuju Anambas, ini mengapa diharuskan melalui perjalanan laut. Setelah dari pelabuhan,kalian bisa menggunakan fast boat dengan rute Batam – Letung – Tarempa selama 8 jam perjalanan. Fast boat bisa kalian dapatkan pada hari senin, rabu, dan jumat. Sedangkan jika menuju Kota Tarempa ke Batam adalah pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Pilihan tercepat dari Tanjung Pinang adalah menggunakan pesawat XpressAir dari Tanjung Pinang menuju Bandara Matak. Jadwal penerbangan hanya pada hari Senin dan Sabtu saja, durasi perjalanan hanya sekitar 2 jam lamanya. Sesampainya dari Matak, kalian bisa melanjutkan lagi menuju Tarempa menggunakan kapal selama 40 menit. Transportasi yang bisa kalian pilih untuk menuju Tarempa adalah, Kapal Peni KMK Bukit Raya dan juga KM Lawit dari Pelabuhan Kijang.

Scroll To Top